Pemerintah Tengah Godok Aturan Terkait Tunjangan Hari Raya Tahun 2021

Minggu, 21 Maret 2021 10:27 Eris Kuswara Nasional

Pemerintah Tengah Godok Aturan Terkait Tunjangan Hari Raya Tahun 2021

 

Koropak.co.id - Saat ini, Pemerintah sedang menggodok aturan mengenai Tunjangan Hari Raya (THR) untuk tahun 2021. Selain itu, hingga saat ini aturan tersebut masih dalam tahap pembahasan dan pengumpulan masukan.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI, Anwar Sanusi mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang mempertimbangkan pilihan seperti apa yang tepat untuk pembayaran THR Tahun 2021. Akan tetapi, yang jelasnya para pemberi kerja harus menunaikan kewajiban tersebut.

"Kita masih menggodok terkait opsi yang paling bagus mengenai masalah THR. Meskipun begitu, pada prinsipnya THR tersebut merupakan hak bagi para pekerja atau buruh yang harus ditunaikan," kata Anwar sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (20/3/2021).

 

Baca : Pemerintah Resmi Tidak Melarang Masyarakatnya Mudik Lebaran 2021

Ia menambahkan, apapun nantinya aturan yang keluar tentang pembayaran THR 2021, pastinya hal tersebut juga telah melalui berbagai pertimbangan dan masukan yang didapatkan dari Dewan Pengupahan Nasional (Depenas) dan forum Tripartit atau penyelesaian perselisihan hubungan industrial melalui pihak ketiga.

"Tentunya kita akan keluarkan kebijakan tersebut dengan memperhatikan banyak hal serta melalui berbagai pertimbangan yakni dengan mendengarkan dari forum tripartit dan juga Depenas," ucapnya.

Sementara itu, kata Anwar, aturan tentang pembayaran THR 2021 tersebut ditargetkan akan selesai paling lambat pada awal puasa atau Ramadan. Sehingga, perusahaan masih mempunyai waktu untuk mempersiapkan segala kebutuhannya.

"Aturan tersebut ditargetkan mulai berlaku sebelum atau awal puasa, sehingga perusahaan masih mempunyai waktu yang leluasa untuk menyampaikan. Tentunya kita juga mengharapkan ada titik temunya antara pengusaha dengan buruhnya," tuturnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini