Petani Millenial Taman Hati Farm Buat Inovasi Cara Berkebun

Selasa, 23 Maret 2021 11:31 Eris Kuswara Daerah

Petani Millenial Taman Hati Farm Buat Inovasi Cara Berkebun


Koropak.co.id - Anggota Komisi II DPRD Kota Tasikmalaya Fraksi Partai Gerindra, H. Murjani, SE., MM., berkunjung ke Taman Hati Farm Ciwaas Sukahurip Kota Tasikmalaya untuk melihat program "Gebyar Petik Melon", Sabtu (20/3/2021). Dalam kunjungan itu, pihaknya mengapresiasi para petani milenial yang mampu membuat inovasi cara berkebun.

"Sering saya katakan bahwa petani harusnya itu bisa kaya, kenapa? Karena potensi demand di Kota Tasikmalaya sangat tinggi. Namun dari 10 komoditas pangan termasuk sayuran dan buah-buahan, masih mendatangkan dari luar daerah. Sehingga, salah satu yang bisa menjadi kuncinya adalah usaha sektor pertanian yang saat ini masih dilaksanakan secara konvensional harus berubah ke penggunaan teknologi pertanian," kata Murjani sebagaimana dikonfirmasi Koropak, Selasa (23/3/2021).

Ia menambahkan, pihaknya merasa bangga karena hal itu sudah dilakukan oleh para Petani Millenial, Dadan Ridwan dan kawan-kawan dengan menggunakan pola tanam system hidroponik. Bahkan mereka menamakan perkebunan agrowisata miliknya dengan nama "Taman Hati Farm" yang terletak di Ciwaas Sukahurip Kota Tasikmalaya serta mengusung konsep berkebun Liburan, Edukasi,Amal.

 

Baca : Anggota Dewan Dampingi Petani Milenial, Berinovasi Kembangkan Sayuran Hidroponik

"Selain mengusung konsep itu, mereka juga turut menyelenggarakan Program Gebyar Petik Melon. Sementara itu, pembuatan konsep itu sendiri berawal dari pertemuan saya dengan Kang Ridwan di Kandang Sapi di Daerah Babakan Pala. Saat itu, sayang mengatakan bahwa petani milenial itu harus bisa membuat Inovasi cara berkebun. Alhamdulilah saya bersyukur inovasi itu bisa dijabarkan," ucapnya.

Pihaknya juga mengatakan bahawa 3 hari sebelumnya, program ini sendiri sudah diinformasikan ke banyak wartawan dan juga WhatsApp Grup Forsil RT/RW. Pihaknya pun bersyukur, lebih dari 800 orang mendaftar untuk bisa hadir dengan cara bertahap sesuai jadwal shift dan dimulai dari Sabtu (20/3/2021) hingga Kamis (25/3/2021) mendatang.

"Di Perkebunan Agrowisata Taman Hati Farm ini, tentunya kita bisa belajar mengenai diskusi cara berkebun, memetik melon dari kebun yang dibanderol dengan harga 25 ribu per kilogram dan juga bisa mengajak keluarga untuk bisa mencicipi beberapa jenis buah melon, sayur kangkung, pakcoy dan bayam. Semuanya itu ditimbang ditempat dan juga dibayar ditempat," ujarnya.

Menurutnya, konsep yang diterapkan tersebut sangat bagus dikarenakan lahan pertanian di Kota Tasikmalaya itu sangat sempit. Sehingga, untuk meminimalisir hal itu, bisa dengan mengembangkan konsep system hidroponik,"Semoga ini juga bisa menambah semangat generasi milenial dan saya juga berharap bisa dikembangkan lebih luas dibawah pembinaan Dinas Pertanian Kota Tasikmalaya," tuturnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait