Polri Wacanakan Buat SIM yang Bisa Terintegrasi dengan Gadget

Selasa, 23 Maret 2021 18:01 Eris Kuswara Nasional

Polri Wacanakan Buat SIM yang Bisa Terintegrasi dengan Gadget

 

Koropak.co.id - Diketahui, dalam hal pelayanannya, Polri akan terus memanfaatkan teknologi informasi. Bahkan Polri juga tengah mewacanakan Surat Izin Mengemudi (SIM) akan bisa terintegrasi dengan gadget. Wacana itu sendiri disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat peluncuran E-TLE Nasional Tahap 1 seperti ditayangkan secara langsung di channel YouTube NTMC Polri, sebagaimana dihimpun Koropak Selasa (23/3/2021)

Kapolri Jenderal Listyo Sigit mengatakan bahwa nantinya pembuatan SIM bisa dilakukan secara online dan akan ada SIM elektronik di gadget. Pihaknya juga turut mengungkapkan tahap awal pelayanan ujian SIM online. Pada tahap awal tersebut, ujian SIM bisa dilakukan secara online khususnya untuk ujian teori. Sementara untuk ujian praktik tetap dilakukan di pos polisi.

"Meskipun begitu, nantinya ujian praktik SIM itu juga bisa dilakukan dengan menggunakan simulator seperti bermain game. Output SIM itu pun diwacanakan bisa berupa SIM elektronik yang terintegrasi dengan gadget. Pada intinya ke depan, kita akan geser secara pelan-pelan dengan memanfaatkan teknologi simulasi yang tentunya akan kami sesuaikan dengan kondisi terkini. Sehingga masyarakat bisa terlayani dengan tidak usah datang ke kepolisian," kata Listyo.

 

Baca : Kapolri Listyo Sigit Resmi Luncurkan e-TLE Secara Nasional


Ia menambahkan, masyarakat bisa dengan cukup mampir ke mal dan jalan-jalan disana, karena disana juga ada gerai lalu kemudian mencoba seperti bermain game. Apabila lulus, maka akan keluar tanda kelulusan yang kemudian nantinya akan bisa di-print. Setelah itu, secara otomatis apakah nanti hasilnya akan dikirim melalui delivery system atau kemudian menjadi SIM elektronik yang bisa disatukan di dalam gadget,"Inilah yang saat ini sedang dikembangkan dan itu adalah rencana kami ke depan," ucapnya.

Terkait SIM versi digital, ternyata di beberapa negara di dunia sudah diterapkan. Sehingga, para pengemudi pun tidak perlu mengeluarkan SIM fisik dari dompet saat petugas memeriksanya dan hanya tinggal menunjukkan SIM digital melalui ponsel. Diketahui, SIM digital yang ada di berbagai negara itu juga tersimpan di ponsel masing-masing pengendara yang tentunya sudah memiliki SIM. Sehingga pengendara pun menjadi tidak perlu khawatir kalau SIM hilang, rusak atau lupa dibawa.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini