Pemerintah Minta Pengusaha Berkomitmen Bayar THR Penuh Tahun 2021

Sabtu, 03 April 2021 08:08 Eris Kuswara Nasional

Pemerintah Minta Pengusaha Berkomitmen Bayar THR Penuh Tahun 2021

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto meminta agar para pengusaha tahun 2021 ini berkomitmen untuk bisa membayar penuh Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawannya.

"Tahun 2020 lalu itu kan THR dicicil, nah saya minta untuk tahun ini bisa dibayar secara penuh. Tentunya kita semua harus komitmen untuk bisa mewujudkan hal itu," kata Airlangga dalam pertemuan dengan 24 perwakilan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (3/4/2021).

Selain itu, kata Airlangga, yang menjadi alasan pihaknya meminta untuk tahun ini THR dibayar penuh, adalah dikarenakan pemerintah dinilai sudah memberikan dukungan dalam berbagai bentuk. Sementara itu, kebijakan pemerintah terkait dengan penanganan Covid-19 pastinya akan diteruskan di samping juga dengan melaksanakan program vaksinasi.

 

Baca : Pemerintah Tengah Godok Aturan Terkait Tunjangan Hari Raya Tahun 2021

 

"Seperti halnya untuk pengusaha sektor pariwisata khususnya di hotel, restoran dan kafe (Horeka), para pengusaha bisa memanfaatkan fasilitas relaksasi kredit penambahan modal kerja dengan sistem penjaminan yang akan disalurkan melalui Himpunan Bank Milik Negara dan Bank Pembangunan Daerah (BPD)," ucapnya.

Ia juga menambahkan, terkait dengan kebijakan THR, sebelumnya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) RI menyebutkan bahwa saat ini mereka sedang membahasnya bersama dengan Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Nasional (Tripnas). Sehingga targetnya, aturan THR tersebut direncanakan bisa dirilis paling cepat pada awal puasa atau sekitar pertengahan April 2021 mendatang.

"Sebelum atau awal puasa kita mengupayakan agar kebijakan atau aturan tentang THR tahun 2021 itu sudah selesai. Sehingga perusahaan mempunyai waktu leluasa untuk menyampaikan perihal tersebut. Kita juga tentunya mengharapkan ada titik temu antara pengusaha dengan buruhnya," kata Sekretaris Jenderal Kemenaker, Anwar Sanusi beberapa waktu lalu.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait