SINAR, Aplikasi Khusus Pelayanan SIM dari Polri

Sabtu, 03 April 2021 16:30 Eris Kuswara Nasional

SINAR, Aplikasi Khusus Pelayanan SIM dari Polri

 

 

Koropak.co.id - Korps Lalu Lintas Polri hingga saat ini tengah menyiapkan aplikasi khusus untuk pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM). Diketahui, aplikasi tersebut bernama SIM Nasional Presisi (SINAR) yang akan meluncur dalam waktu dekat.

Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol. Yusuf menyebutkan bahwa peluncuran aplikasi Sinar akan berlangsung pada minggu ketiga bulan April 2021 atau tepatnya pada 12 April 2021 mendatang,"Rencananya aplikasi ini akan diluncurkan dalam waktu dekat yakn pada 12 April 2021," kata Yusuf sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (3/4/2021).

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Komisaris Besar Jati mengatakan bahwa pemohon yang akan memperpanjang masa berlaku SIM A dan C nantinya dapat mengunduh aplikasi digital Korlantas melalui "App Store dan Play Store pada telepon selulernya.

 

Baca : Polri Siap Luncurkan Aplikasi Khusus Perpanjang SIM A dan C

 

"Aplikasi SINAR berbasis mobile apps ini dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store. Sementara itu, hingga sejauh ini aplikasi Sinar sendiri masih belum tersedia baik di Play Store maupun App Store. Hal itu dikarenakan rencananya aplikasi tersebut akan diluncurkan bersamaan pada 12 April 2021 nanti. Sehingga baru bisa diunduh pas sudah dilaunching," tutur Jati.

Pihaknya menambahkan, tentunya iovasi Korlantas ini akan semakin memudahkan masyarakat dan melalui aplikasi Sinar ini , pemohon perpanjangan SIM A dan C tidak perlu lagi harus ke kantor Satpas SIM. Aplikasi baru dari Polri ini nantinya akan berisi layanan perpanjangan SIM A dan C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori sim secara online, kemudian layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes.

"Khusus perpanjangan SIM A atau mobil dan SIM C atau motor dilakukan secara online dan pemohon tidak perlu hadir ke Satpas. Namun untuk pembuatan SIM baru, pemohon harus tetap datang ke Satpas untuk melaksanakan ujian praktik. Di sisi lain, dia juga harus lolos saat pendaftaran atau registrasi online melalui aplikasi Sinar. Perlu diketahui semua golongan SIM juga bisa menggunakan aplikasi tersebut," ucapnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini