Disdik Kota Tasikmalaya Siap Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

Rabu, 07 April 2021 13:45 Dede Hadiyana Daerah

Disdik Kota Tasikmalaya Siap Laksanakan Pembelajaran Tatap Muka

 

Koropak.co.id - Menindaklanjuti Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri yakni Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Kesehatan, Menteri Agama, dan Menteri Dalam Negeri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19 TA 2020-2021, Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya menyatakan siap menyambut Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, H. Mohammad Dani, S.Pd., MM., usai melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya yang berlangsung di Ruang Rapat 1 DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (6/4/2021).

"Pada intinya, Pak Nadiem menginginkan adanya segera dibuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM), meskipun secara terbatas dengan syarat memenuhi protokol kesehatan 5 M yang kita utamakan," ujarnya.

 

Baca : Pemerintah Sebenarnya Sudah Izinkan Sekolah Tatap Muka Sejak Tahun 2020

 

Menurutnya, secara umum Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya sudah siap untuk melaksanakan kegiatan PTM sekalipun dilakukan secara terbatas. Artinya, regulasi di sekolah dibatasi yakni 50 persen dari jumlah siswa. Adapun nanti secara teknisnya akan diatur oleh masing-masing sekolah.

"Dalam hal ini, kami tidak bisa berdiri sendiri karena tetap bergantung pada pimpinan daerah apakah kami di izinkan untuk memulai sekolah tatap muka atau tidak. Meskipun ini dalam waktu yang relatif singkat untuk memenuhi kebutuhan yang diantaranya UAS untuk kelas 6 di tingkat SD dan kelas 3 di tingkat SMP," katanya.

Kendati demkian, pihaknya memprediksi PTM ini siswa akan datang ke sekolah hanya selama 1 minggu. Pasalnya, mengingat akhir tahun pelajaran dan memasuki bulan Ramadan, akan banyak kegiatan belajar di rumah atau di pesantren.

"Sesuai masukan dari satuan pendidikan, untuk PTM secara keseluruhan diperkirakan masih belum bisa terlaksana, namun saat ini difokuskan pada persiapan untuk menuntaskan pembelajaran siswa yakni ujian bagi kelas 6 SD dan kelas 3 SMP," ucapnya.*

 

Baca pula : Kemendikbud RI Siapkan Panduan Pembukaan Sekolah Tatap Muka Terbatas

 

 


Berita Terkait