Jendral Perhubungan Darat Kemenhub Rilis Sejumlah Wilayah Boleh Mudik 2021

Rabu, 14 April 2021 09:18 Eris Kuswara Nasional

Jendral Perhubungan Darat Kemenhub Rilis Sejumlah Wilayah Boleh Mudik 2021

 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa larangan mudik Lebaran Tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19, tentunya tidak lantas menutup pergerakan atau mobilitas di beberapa wilayah di Indonesia pada 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.

Meskipun begitu, sesuai dengan ketentuan dari Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi, sejumlah kawasan perkotaan seperti Jabodetabek, Bandung Raya, hingga Sumatera Utara justru masuk ke dalam daftar wilayah boleh mudik tahun 2021.

"Beberapa daerah perkotaan itu boleh melakukan kegiatan pergerakan transportasi darat via kereta api. Namun, di luar daftar wilayah boleh mudik tahun 2021, mobilitas transportasinya akan dilarang," kata Budi dalam konferensi pers di Channel YouTube Kemenko PMK sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (14/4/2021).

 

Baca : Pemerintah Tetapkan Larangan Mudik Lebaran Mulai Berlaku 6 Mei 2021

 

Pihaknya juga menyebutkan apabial suatu instansi memiliki aktivitas yang mendesak untuk bepergian, maka mereka dapat melampirkan surat sebagai bukti perjalanan. Sedangkan bagi karyawan yang masih memiliki kegiatan darurat untuk melakukan perjalanan pada periode 6 hingga 17 Mei 2021, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI pun akan mengatur perizinannya.

"Adapun untuk wilayah-wilayah yang boleh mudik tahun 2021 via transportasi darat itu meliputi, Medan, Binjai, Deli Serdang, Karo, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek), Bandung Raya, Semarang, Kendal, Demak, Ungaran, Purwodadi, Jogja Raya, Solo Raya, Gresik, Bangkalan, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan (Gerbangkertosusila), Makasar, Sungguminasa, Takalar dan Maros," ucapnya.

Ia menambahkan, sedangkan untuk kawasan yang boleh mudik tahun 2021 via kereta api meliputi Jabodetabek, Rangkas, Padalarang, Bandung, Cicalengka, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Mojokerto, Gresik.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini