Ketahui, Negara-Negara Ini Miliki Durasi Puasa Terlama di Dunia

Kamis, 15 April 2021 11:39 Rizky Ramadan

Ketahui, Negara-Negara Ini Miliki Durasi Puasa Terlama di Dunia

 

 

Koropak.co.id - Kalian sudah tahu belum, kalau ternyata ada negara dengan durasi puasa terlama di dunia? Bahkan waktu sahur dan berbukanya juga hanya berbeda tipis. Diketahui, umat Islam wajib menjalankan puasa selama sebulan penuh, kecuali untuk mereka yang berhalangan seperti sakit atau nifas dan haid bagi perempuan.

Selain itu, menahan lapar selama waktu yang ditentukan juga tentunya membutuhkan usaha dan tekat yang ekstra. Meskipun mempunyai perbedaan waktu yang signifikan dengan negara muslim lainnya, namun umat Islam di negara tersebut juga tidak lantas malas dan menyerah. Bahkan hal itu menjadi tantangan tersendiri untuk semakin mendekatkan diri dan beribadah kepada Allah SWT. Berikut beberapa negara dengan durasi puasa terlama didunia sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (15/4/2021).

 

1. Jerman

Berpuasa di negara empat musim tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri bagi orang Indonesia yang menjalankan puasa disana. Karena, bulan suci Ramadan juga bisa jatuh di musim semi, gugur bahkan dingin. Selain itu, tentunya perubahan musim ini juga akan berpengaruh pada durasi berpuasa, dikarenakan jam matahari terbit dan terbenam yang berubah. Diperkirakan puasa di Jerman berlangsung selama 19 jam dengan waktu sahur yang terbilang singkat.

 

Baca : Pemerintah Minta Pengusaha Berkomitmen Bayar THR Penuh Tahun 2021

 

2. Finlandia

Masih di benua Eropa, Finlandia juga menjadi negara dengan waktu puasa terlama didunia yakni selama 22 jam. Meskipun begitu, mayoritas muslim di Finlandia sudah terbiasa menjalani puasa sehingga tidak akan terasa berat. Namun, bagi negara lain yang mempunyai durasi lebih singkat, tentunya ini menjadi tantangan tersendiri. Belum lagi ditambah dengan cuaca panas dan terik. Hal ini disebabkan karena Finlandia berada tepat di garis lintang utara, sehingga kedudukan matahari mengikuti garis tersebut. Selain itu, singkatnya waktu sahur dan berbuka juga sering membuat warga Asia kewalahan dikarenakan perbedaan waktu yang signifikan.

 

3. Rusia

Meskipun menjadi negara minoritas, namun setidaknya terdapat 20 juta jiwa muslim yang tinggal di Rusia. Durasi puasa di Rusia sendiri kurang lebih selama 20 jam. Sama halnya dengan Jerman dan Finlandia, Rusia juga mempunyai waktu puasa dan sahur yang berdekatan. Namun lebih lama waktu menahan lapar di siang hari. Selama menjalankan puasa di negeri besi tersebut, masyarakat lokal akan menghabiskan waktu dengan beraktivitas seperti biasanya atau mengunjungi tempat ibadah.

 

4. Amerika

Beralih ke benua Amerika Utara, ketika menjalankan puasa di sana, umat muslim harus menahan lapar dan berpuaa selama 16 jam. Pada umumnya bulan ramadan jatuh pada musim semi atau dingin, sehingga durasinya berubah tergantung musim. Pada musim dingin diketahui malam menjadi lebih lama, sehingga puasa terasa lebih mudah dan pendek. Namun sebaliknya, jika bulan puasa jatuh di musim panas atau semi maka durasinya menjadi lebih panjang dengan suhu yang ekstrim.

 

5. Iran

Di benua Asia, tercatat Iran mempunyai waktu puasa paling lama yakni 16 jam sehari. Meskipun demikian, Iran adalah negara mayoritas muslim sehingga memudahkan umat Islam lainnya ketika menjalani kewajiban selama sebulan penuh. Selain itu juga budaya Iran mirip dengan Arab, sehingga kudapan seperti kurma mudah didapatkan untuk menjadi menu berbuka puasa.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini