Dewan Apresiasi Launching e-Perda Oleh Pemprov Jabar

Sabtu, 17 April 2021 18:17 Dede Hadiyana Parlemen

Dewan Apresiasi Launching e-Perda Oleh Pemprov Jabar

 

Koropak.co.id - Peluncuran aplikasi Peraturan Daerah Elektronik (e-Perda) oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat digelar secara virtual yang dihadiri semua Pimpinan DPRD kabupaten/kota se-Jawa Barat, Jumat (16/4/2021).  

Pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang dalam kesempatan tersebut diwakili oleh Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang berlangsung di Ruang Serba Guna DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Tasikmalaya Cecep Nuryakin menyampaikan bahwa Jawa Barat terpilih menjadi salah satu proyek percontohan untuk peluncuran e-Perda oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Yang sekarang ini merupakan peluncuran kedua. Selain itu, e-Perda ini juga merupakan bagian upaya membangun sinergitas dan akselerasi pembahasan produk-produk hukum termasuk mengevaluasi, memfasilitasi, serta harmonisasi, sehingga dapat lebih cepat, mudah, dan mencegah tumpang tindihnya perda dengan peraturan yang lain," ujarnya.

 

Baca :  Gagal Ditetapkan, Pansus SOTK DPRD Kabupaten Tasikmalaya Wan Prestasi?

 

Dikatakan Cecep, e-Perda sebagai aplikasi memiliki prinsip dengan aplikasi lain seperti e-SIPD yang sudah launching sebelumnya. Artinya, produk hukum harus diupload muali dari judul, pemberkasan, isi, dan lainnya sehingga tidak hanya langsung terintegritas dengan Kemendagri dan Pemprov, melainkan lebih mudah diakses oleh masyarakat.

"Pasalnya, dalam hal ini ada spirit keterbukaan informasi publik. Disamping itu, e-Perda ini mengacu pada dua Perpres yakni Nomor 95 Tahun 2018 tentang Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Nomor 39 tentang Satu Data Indonesia. Sementara satu Permendagri yakni Nomor 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah, maka kita wajib untuk mengikuti e-Perda," katanya.

Menurutnya, dengan launchingnya e-Perda tersebut merupakan kemajuan yang sangat luar biasa dalam hal keterbukaan informasi publik. Pasalnya, secara regulasi pun e-Perda dibuka selebar-lebarnya.*

 

Baca pula : DPRD Kabupaten Tasikmalaya Tetapkan Propemperda di Tahun 2021

 

 


Berita Terkait