Polres Tasikmalaya Kota Berhasil Ungkap Kasus Pemalsuan dan Produksi Uang Palsu

Kamis, 29 April 2021 07:04 Eris Kuswara Daerah

Polres Tasikmalaya Kota Berhasil Ungkap Kasus Pemalsuan dan Produksi Uang Palsu

 

Koropak.co.id - Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP. Doni Hermawan, SH., S.I.K., M.Si., memimpin kegiatan Press Conference Ungkap Kasus Tindak Pidana Memalsukan dan Memproduksi Menjual Menyimpan Uang Rupiah Palsu di Wilayah Polres Tasikmalaya Kota yang dilaksanakan di Depan Loby Mapolres Tasikmalaya Kota, Rabu (28/4/2021).

Kapolres Tasikmalaya Kota mengatakan bahwa Sat Reskrim Polres Tasikmalaya Kota telah berhasil mengamankan satu orang tersangka berinisial TN berikut dengan barang buktinya. Pelaku berinisial TN ini diduga telah melakukan Tindak Pidana Memalsukan dan Memproduksi Menjual Menyimpan Uang Rupiah Palsu dengan jumlah total Uang Palsu Rp. 41.040.000.

"Selain uang palsu, kami juga turut berhasil mengamankan satu Unit Printer Merek Canon Pixma Warna Putih Hitam Beserta Tinta, serta Uang Master asli Pecahan Rp. 5.000 hingga Rp. 100.000. Untuk modus operandi yang dilakukan oleh pelaku sendiri yaitu membuat Uang Kertas Palsu dengan cara Mengcopy Uang Asli dengan menggunakan Printer," kata Doni.

 

Baca : Kapolres Tasikmalaya Kota Pimpin Press Conference Ungkap Kasus Narkoba

 

Ia menambahkan, selain itu juga, pelaku sendiri telah melakukan perbuatan tersebut secara berulang-ulang kali dengan berbagai nilai mulai dari Rp. 5000, Rp. 20.000, Rp. 50.000 dan Rp. 100.000. Setelah itu, pelaku pun kemudian menjual uang palsu tersebut kepada konsumen dengan harga 1 Asli banding 5 Palsu.

"Pelaku sendiri sudah melakukan perbuatannya sejak awal tahun 2021 dan menjual uang palsunya dengan menggunakan media sosial. Akibat perbuatannya, pelaku pun dijerat dengan Pasal 37 Jo Pasal 27 Ayat (1) UU RI No. 07 Tahun 2011 Tentang Mata Uang dengan maksimal penjara seumur hidup dan maksimal denda Rp. 100 miliar," ucapnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

 


Berita Terkait