Tim Densus 88 Polri Resmi Tetapkan Munarman Sebagai Tersangka

Kamis, 29 April 2021 15:40 Eris Kuswara Nasional

Tim Densus 88 Polri Resmi Tetapkan Munarman Sebagai Tersangka

 

Koropak.id - Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88 AT) Polri pada akhirnya secara resmi menetapkan mantan Sekretaris Umum (Sekum) Front Pembela Islam (FPI) Munarman sebagai tersangka terkait dengan kasus terorisme.

"Penetapan saudara M sebagai tersangka sendiri tentunya sudah melalui proses gelar perkara dan yang bersangkutan itu resmi ditetapkan sebagai tersangka pada 20 April 2021 lalu," kata Kepala Bagian (Kabag) Penum Divisi Humas Mabes Polri, Kombes Pol Ahmad Ramadhan sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (29/4/2021).

Ia mengatakan bahwa gelar perkara sendiri sudah dilakukan Tim Densus 88 sebelum 20 April 2021. Bahkan, gelar perkara yang dilakukan tersebut tidak hanya dilakukan satu kali saja oleh penyidik,"Gelar perkaranya itu di tanggal 20 April dan gelar perkara tersebut menentukan apakah yang bersangkutan memenuhi syarat untuk dijadikan tersangka. Selain itu, tentunya gelar perkara tersebut bukan dilakukan satu kali," ucapnya.

 

Baca : Polri Hormati Hasil Investigasi Komnas HAM Terkait Kematian Laskar FPI

 

Diketahui sebelumnya, Tim Densus 88 AT Polri berhasil mengamankan eks Sekum FPI, Munarman terkait kasus dugaan tindak pidana terorisme pada Selasa, (27/4/2021) lalu. Munarman sendiri diduga berperan dalam menggerakkan orang lain untuk melakukan aksi terorisme. Pasca diamankan, Tim Densus 88 juga turut menggeledah kediaman Munarman di Tangerang Selatan.

Selain itu, Tim Densus juga turut menggeledah markas eks organisasi FPI di Petamburan, Jakarta Pusat. Dalam penggeledahannya di markas FPI, Tim Densus berhasil menemukan cairan TATP yang bisa dijadikan sebagai bahan baku pembuatan bahan peledak. Namun eks kuasa hukum FPI sendiri menyebutkan bahwa cairan itu hanya digunakan untuk membersihkan toilet.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini