Arus Bawah Laut Jadi Penyebab Paling Berpengaruh Tenggelamnya KRI Nanggala

Jum'at, 30 April 2021 15:55 Eris Kuswara Nasional

Arus Bawah Laut Jadi Penyebab Paling Berpengaruh Tenggelamnya KRI Nanggala

 

Koropak.co.id - TNI Angkatan Laut (AL) mengungkap penyebab tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402 yang paling berpengaruh adalah dikarenakan faktor arus bawah laut. Hal itu diperkuat dengan hasil pantauan citra satelit Jepang.

"Diketahui bahwa saat kapal selam menyelam itu mungkin faktor yang paling berpengaruh adalah faktor arus bawah laut," kata Asisten Perencanaan Kepala Staf Angkatan Laut (Asrena KSAL) Laksamana Muda TNI Muhammad Ali, sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (30/4/2021).

Ia menambahkan, saat arus bawah laut terjadi kencang, maka akan muncul internal solitary wave yakni arus bawah laut yang bisa menarik benda secara vertikal,"Jadi membuat jatuhnya kapal ke bawah itu lebih cepat dibandingkan pada umumnya. Hal inilah yang harus diwaspadai dan pada biasanya jika kita mewaspadai itu, kita akan memakai pendorongan yang lebih kuat dan menggunakan kecepatan yang lebih," ucapnya.

 

Baca : Tenggelamnya KRI Nanggala 402 Tambah Daftar Panjang Kecelakaan Kapal Selam

 

Pihaknya juga memastikan akan terus menginvestigasi seluruh insiden tenggelamnya KRI Nanggala-402 di perairan Bali yang terjadi pada Rabu (21/4/2021) lalu. Sementara itu, tujuan dilakukannya investigasi secara menyeluruh ini adalah untuk mengetahui penyebab pasti tenggelamnya KRI Nanggala-402 dan mencegah kejadian serupa agar tidak terulang kembali. 

"Tentunya kami juga tidak ingin menampik berbagai kemungkinan yang terjadi, sebelum investigasi lebih dalam rampung dan semua hal terkait Nanggala memang bisa dipastikan. Segala kemungkinan masih bisa terjadi, sehingga kami akan analisa dulu dan analisa ini memakan waktu yang cukup lama jadi mohon untuk kesabaran," ujarnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kapal selam KRI Nanggala-402 hilang kontak dan dinyatakan tenggelam di perairan Bali bersama dengan 53 prajurit Hiu Kencana yang juga dinyatakan gugur atau meninggal dunia.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

 


Berita Terkait