Pemerintah Nyatakan KKB di Papua Adalah Teroris

Jum'at, 30 April 2021 19:26 Eris Kuswara Nasional

Pemerintah Nyatakan KKB di Papua Adalah Teroris

 

Koropak.co.id - Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia (Kemenko Polhukam) RI menyatakan bahwa Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua adalah teroris.

Menko Polhukam RI, Mahfud MD menyebutkan bahwa pandangan dan sikap yang dilakukan pemerintah tersebut adalah sebagai upaya tindak lanjut terhadap kekerasan di Papua yang dilakukan semakin masif.  Kemudian juga berdasarkan usulan dari beberapa pejabat negara, yakni Ketua MPR, Kapolri, TNI hingga tokoh-tokoh Papua yang membicarakan terkait kekerasan di Papua.

 

Baca : Menuai Aksi Protes, RUU HIP Resmi Dihentikan dan Diganti dengan RUU BPIP

 

"Sejalan dengan pernyataan-pernyataan itu, maka pemerintah menganggap bahwa organisasi, dan orang-orang di Papua yang melakukan kekerasan secara masif itu  dikategorikan sebagai teroris. Selain itu, keputusan pemerintah ini juga didasari oleh Undang-Undang Dasar Nomor 5 tahun 2018," kata Mahfud sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (30/4/2021).

Pihaknya menjelaskan bahwa isi Undang-Undang tersebut adalah dimana yang dikatakan teroris itu siapapun orang yang merencanakan, menggerakan dan mengorganisasikan terorisme. "Sehingga dengan apa yang dilakukan oleh KKB, segala nama organisasinya dan orang-orang yang berafiliasi dengannya adalah tindakan teroris," ucapnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

 


Berita Terkait