Presiden Jokowi Apresiasi Peringatan Hari Buruh Internasional

Sabtu, 01 Mei 2021 14:15 Eris Kuswara Nasional

Presiden Jokowi Apresiasi Peringatan Hari Buruh Internasional

 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa Masyarakat internasional selalu memperingati Hari Buruh Internasional atau May Day setiap tanggal 1 Mei. Presiden RI, Ir H Joko Widodo atau Jokowi pun turut memberikan apresiasi terhadap peringatan Hari Buruh Internasional pada akun Instagramnya.

Dalam postingannya, Jokowi mengungkapkan bahwa Hari Buruh Internasional dirayakan bukan hanya sekadar untuk memperingati sebuah momentum di masa lalu. Akan tetapi juga sebagauli penghormatan atas karya dan ketekunan para pekerja yang menggerakan ekonomi dan dunia usaha,“Para buruh adalah aset besar bangsa kita,” tulis Jokowi, sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu (1/5/2021).

Seperti diketahui bahwa rakyat Indonesia sudah memperingati Hari Buruh Internasional ini sejak dalam masa penjajahan Belanda yakni pada tahun 1920. Akan tetapi, sejak masa pemerintahan Orde baru, Hari Buruh masuk kategori aktivitas subversif dikarenakan May Day selalu dikonotasikan dengan ideologi komunis.

 

Baca : UMK Tidak Naik, Serikat Buruh dan Pekerja di Tasikmalaya Kecewa

 

Sementara itu, penetapan Hari Buruh Internasional sebagai hari libur nasional juga ditabukan di Indonesia. Bahkan, gerakan buruh selalu dihubungkan dengan gerakan dan paham komunis sejak kejadian G30S pada 1965. Namun, Hari Buruh sebagai hari libur nasional baru ditetapkan pada tahun 2014 dan keputusan ini diambil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 29 Juli 2013.

Selain itu, Hari Buruh diperingati sebagai bentuk perayaan atas kontribusi buruh terhadap pembangunan ekonomi bangsa. Hari Buruh juga memberi kesempatan kepada para buruh untuk menyuarakan aspirasinya. Biasanya di Hari Buruh ini, para buruh akan turun ke jalanan dengan tujuan memperjuangkan hak-hak mereka terutama dalam hal upah.

Sehingga dengan demikian diketahui bahwa  Hari Buruh itu tidak sekadar menjadi hari libur nasional, melainkan juga sebagai pengingat atas kerja keras serta hak-hak para buruh yang masih harus diperjuangkan.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini