Masuk Tasikmalaya, Semua Kendaraan Diperiksa Tanpa Terkecuali

Sabtu, 08 Mei 2021 15:24 Dede Hadiyana Daerah

Masuk Tasikmalaya, Semua Kendaraan Diperiksa Tanpa Terkecuali

 

 

Koropak.co.id - Ribuan kendaraan dari arah Bandung menuju Tasikmaya dan sekitarnya, tidak lepas dari pemeriksaan petugas gabungan yang berjaga di Pos Pengamanan Letter U Lingkar Gentong Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (8/5/2021) siang.

Akan tetapi, menjelang sore di hari kedua setelah pemberlakuan larangan mudik lebaran 2021, tidak sedikit pula kendaraan yang dipaksa putar balik oleh petugas karena tidak memenuni persyaratan administrasi yang sudah ditentukan.

Tidak hanya pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, sejumlah kendaraan muatan pun tak luput dari pemeriksaan petugas guna mencegah masuknya barang-barang ilegal ke wilayah Tasikmalaya.

 

Baca : Hari Kedua Larangan Mudik, Jalur Gentong Tasikmalaya Lengang

 

Seperti disampaikan Perwira Pengendali (Padal) Pos Terpadu Letter U Gentong Kompol Gunarto sebelumnya, bahwa sejak hari pertama pemberlakuan larangan mudik, sudah ribuan kendaraan yang diputar balikan baik kendaraan roda empat maupun roda dua.

"Terhitung sejak pukul 00.00 WIB hingga 14.00 WIB, tercatat 1.200 kendaraan yang diputarbalikan. Penyekatan mulai dilakukan tengah malam karena pemudik lebih banyak yang melintas di malam hari dibandingkan siang hari." 

Meskipun demikian, jumlah tersebut dapat berubah dimana petugas masih terus melakukan penyekatan. Selain itu, suasana siang dan malam hari sangat berbeda dimana anggota harus bisa menyeleksi antara pemudik dan pengedara yang melakukan aktifitas sehari-hari.

"Bagi kendaraan yang tidak memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan dipasangi stiker pada kendaraannya dan diberikan sanksi yakni diputarbalikan. Karena ini merupakan operasi kemanusiaan, kami pun berupaya mengedepankan humanis kepada para pengendara," ucapnya.*

 

Baca pula : Kisah Satu Keluarga Nekat Mudik Jalan Kaki dari Gombong ke Bandung