Banyak Pemudik Kelabui Petugas Dengan Berbagai Modus

Sabtu, 08 Mei 2021 14:42 Dede Hadiyana Daerah

Banyak Pemudik Kelabui Petugas Dengan Berbagai Modus

 

 

Koropak.co.id - Agar dapat mudik ke kampung halaman, berbagai modus dilakukan oleh pemudik untuk dapat melewati pos-pos penyekatan di setiap daerah. Berbagai modus pun dilancarkan mereka dan berhasil ditemukan di pos-pos penyekatan.

Demikian disampaikan Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Doni Hermawan di Pos Pengamanan Terpadu Letter U Gentong Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (7/5/2021) malam.

"Modus mereka beragam, mulai dari menggunakan mobil box dan ada juga yang menggunakan atribut ojek online dengan alasan mengantarkan barang. Namun, saat kita cek sudah diluar area dan ternyata hendak ke Cipalap. Saat itu juga kita putarbalikan dan itu yang kita temukan dilapangan," ujarnya.

 

Baca : Hari Kedua Larangan Mudik, Jalur Gentong Tasikmalaya Lengang

 

Menyikapi hal itu, pihaknya akan memperketat pos-pos penyekatan guna mengantisipasi kendaraan berpenumpang atau travel yang hendak memasuki Tasikmalaya. Hal ini juga untuk mengantisipasi perusahaan travel yang masih beroperasi dengan memberikan bonus surat tes negatif Antigen walaupun dengan biaya ongkos yang terhitung mahal.

"Surat tes negatif Antigen atau PCR hanya diberikan kepada mereka yang memiliki izin sebagai pelengkap dokumen administratif untuk melakukan perjalanan dinas atau perjalanan darurat. Tapi, ada juga pelaku perjalanan yang dikecualikan seperti ada keluarga yang sakit atau melahirkan, dan kepentingan tertentu seperti ada keluarga yang meninggal dunia," katanya.

Pihaknya akan memastikan perketat setiap pos penjagaan setelah diberlakukannya larangan mudik 6 Mei 2021 hingga 17 Mei 2021 mendatang. Pasalnya, sebagai upaya agar tetap bisa mudik, banyak modus-modus baru untuk mengelabui petugas.*

 

Baca pula : Kisah Satu Keluarga Nekat Mudik Jalan Kaki dari Gombong ke Bandung