Tips Rayakan Hari Raya Idul Fitri dengan Dirumah Saja

Rabu, 12 Mei 2021 08:09 Rizky Ramadan

Tips Rayakan Hari Raya Idul Fitri dengan Dirumah Saja

 

Koropak.co.id - Setelah satu bulan penuh berpuasa, umat muslim akan merayakan Hari Raya Idul Fitri sebagai tanda kemenangan. Bahkan kini tidak terasa bahwa momen istimewa tersebut akan tiba hanya tinggal menghitung hari saja. Namun dikarenakan di Indonesia kasus Covid-19 masih belum mereda, maka Pemerintah pun mengimbau masyarakat agar tidak mudik saat merayakan Lebaran.

Oleh karena itu, agar kamu tetap bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama saudara di tengah pandemi Covid-19, berikut beberapa tips yang bisa kalian lakukan dalam menyambut sukacita Hari Raya Idul Fitri ditengah Pandemi Covid-19 sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (12/5/2021).

 

1. Merayakan acara halal bihalal melalui video call

Diketahui bahwa salah satu kegiatan yang identik saat lebaran tiba adalah berkumpul bersama keluarga dan merayakan halal bihalal untuk tetap menjalin silaturahmi. Meskipun hanya di rumah saja, kamu masih tetap bisa merayakan kagiatan ini. Caranya dengan melakukan videocall menggunakan gadget dan mengundang semua sanak saudara untuk bergabung. Sehingga dengan cara ini, maka kamu pun masih tetap bisa melihat wajah dan mengucapkan selamat hari lebaran, serta berminta maaf pada keluarga.

 

2. Mengirim bingkisan dengan menggunakan jasa kurir

Saat lebaran dan mengunjungi rumah sanak saudara, biasanya seseorang itu akan membawa parsel atau hamper sebagai bingkisan. Namun, dikarenaka saat ini tidak boleh mudik dan diimbau untuk di rumah saja, maka pemberian bingkisan tidak bisa dilakukan secara langsung. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan jasa kurir saat memberikan bingkisan lebaran untuk keluarga. Selain itu, membelikan barang secara online dan langsung dituju ke alamat saudara juga bisa dijadikan sebagai solusi lainnya.

 

Baca : Rekomendasi Mukena untuk Sambut Hari Raya

 

3. Membeli baju lebaran anak via online

Menggunakan baju baru saat Hari Raya Idul Fitri adalah sebagai rasa syukur dan tanda kesucian setelah berpuasa satu bulan penuh. Kamu sudah menyiapkan baju barunya untuk si kecil belum? Jika belum, maka sebaiknya kamu segera membelinya secara online saja. Karena saat ini, pusat pembelanjaan sangat penuh dengan kerumunan orang. Sehingga, kondisi tersebut sangat mudah untuk menularkan virus Corona. Namun jika kamu  membelinya secara online, maka kamu pun akan aman dari kerumunan dan penyebaran virus membahayakan yang satu ini.

 

4. Melaksanakan salat Idul Fitri berdasarkan protokol kesehatan

Melaksanakan salat Idul Fitri itu hukumnya sangat dianjurkan untuk seluruh umat muslim. Pasalnya, ibadah ini hanya bisa dilakukan satu tahun sekali dan merupakan salah satu rangkaian saat Ramadan. Oleh karena itu, meskipun sedang pandemi Covid-19, sebaiknya kamu tetap melaksanakan ibadah ini dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, berjaga jarang setiap shaf, membawa hand sanitizer dan jika memungkinkan sebaiknya untuk tidak berjabat tangan dengan orang lain setelah salat.

 

5. Bersantai dengan keluarga

Merayakan Lebaran di tengah pandemi Covid-19 itu tidak selalu membosankan, lho. Kamu bisa merayakannya dengan keluarga inti dengan kegembiraan. Misalnya dirayakan dengan cara bersantai bersama keluarga sambil nonton film, makan bersama, bahkan sampai membuat game kecil bersama keluarga. Dengan demikian, suasana lebaranmu pun akan semakin menyenangkan apabila kamu dan keluarga menciptakan kondisi tersebut.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 

 


Berita Terkait