Warga Kota Tasikmalaya Bisa Laksanakan Solat Idulfitri Di Masjid

Rabu, 12 Mei 2021 13:51 Dede Hadiyana Daerah

Warga Kota Tasikmalaya Bisa Laksanakan Solat Idulfitri Di Masjid

 

 

Koropak.co.id - Status zona merah Kota Tasikmalaya yang sudah berubah kembali menjadi zona orange, memberikan kabar baik bagi warga Kota Tasikmalaya. Pasalnya, warga dapat melaksanakan ibadah Solat Idulfitri 1 Syawal 1442 Hijriah di masjid-masjid besar, termasuk di masjid Agung Kota Tasikmalaya.

Akan tetapi, sejumlah unsur Forum Pimpinan Daerah (Forkopimda), pejabat, serta perwakilan ASN Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Tasikmalaya, tidak akan menggelar pelaksanaan Salat Idulfitri tingkat Kota Tasikmalaya di Masjid Agung Kota Tasikmalaya seperti biasanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tasikmalaya Drs H Muhammad Yusuf menyampaikan ucapan rasa syukur atas berubahnya status Kota Tasikmalaya dari zona merah ke zona orange. Namun, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengabaikan protokol kesehatan.

"Kembalinya Kota Tasikmalaya dari zona merah ke zona orange, langkah-langkah penyetatan yang dilakukan sebelumnya akan diperlonggar seperti Masjid Agung Kota Tasikmalaya kita perbolehkan untuk digunakan Solat Idulfitri dengan syarat prokesnya tetap diberlakukan secara ketat," ujarnya di Balekota Tasikmalaya, Selasa (11/5/2021).

Guna mengantisipasi meluapnya jamaah saat pelaksanaan Solat Idulfitri yang hingga ke halaman masjid bahhan ke jalan, pihaknya meminta kepada Satgas Covid-19 dan Forkopimda untuk melakukan pengamanan dan pengawasan selama pelaksanaan.

 

Baca : Masuk Tasikmalaya, Semua Kendaraan Diperiksa Tanpa Terkecuali

"Pasti jamaah akan meluber ke jalan di samping kiri dan kanan masjid yakni di Jalan Masjid Agung dan Jalan Yudanagara bahkan diatas Batu Andesit Jalan HZ Mustofa. Penerapan prokesnya harus ketat, apalagi yang ada di dalam masjid, harus jaga jarak," katanya.

Kebahagiaan atas keputusan Pemerintah Kota Tasikmalaya yang memperbolehkan warga melaksanakan Solat Idulfitri di Masjid Agung Kota Tasikmalaya, turut dirasakan Ketua Harian Masjid Agung Kota Tasikmalaya K.H. Aminudin Bustomi.

"Alhamdulillah, itu tugas kita memaksimalkan apa yang kita tidak bisa. Terima kasih berkat doa pangersa, doa warga Kota Tasikmalaya, dan doa pimpinan yang adil bahwa situasi sekarang ini sudah bisa dilaksanakan," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tasikmalaya K.H. Ate mendukung imbauan pemerintah dimana imbauan pemerintah tersebut disampaikan kepada seluruh DKM untuk melaksanakan Solat Idulfitri di masjid-masjid dengan disiplin protokol kesehatan.

"Pelaksanaan Solat Idulfitri di masjid Agung atau di masjid-masjid lainnya bahkan di lapangan hukumnya sah, demi menjaga dan mencegah penyebaran Covid-19," ujar Ate.*

 

Baca pula : Banyak Pemudik Kelabui Petugas dengan Berbagai Modus