Satgas Covid-19 Ungkap Penyebab Melonjaknya Kasus Covid-19 di Kudus

Senin, 07 Juni 2021 05:57 Eris Kuswara Nasional

Satgas Covid-19 Ungkap Penyebab Melonjaknya Kasus Covid-19 di Kudus

 

Koropak.co.id - Tercatat, Kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah terus melonjak tajam. Bahkan hingga Sabtu (5/6/2021) lalu, Kudus mencatatkan penambahan sebanyak 183 kasus baru Covid-19, hingga saat ini jumlah totalnya mencapai 1.413 kasus aktif.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan bahwa penyebab kasus Covid-19 di Kudus melonjak tajam. Dia menyebutkan bahwa selama libur Lebaran Idulfitri tahun 2021, tempat wisata di Kudus ramai pengunjung. Sementara untuk penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di Kudus sendiri tidak berjalan optimal.

"Tempat wisata saat Idulfitri kemarin yang jelas ramai dan lengahnya sistem mikro PPKM-nya diduga jadi penyebabnya. Tak hanya itu saja, kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan di Kudus juga menurun. Di saat bersamaan, pengawasan pemerintah daerah terhadap penegakkan aturan protokol kesehatan juga lemah dan pelacakan kasusnya tidak optimal," kata dr Nadia sebagaimana dihimpun Koropak, Minggu (6/6/2021).

 

Baca : Pemerintah Akan Ambil Alih Tanggung Jawab Hukum Penyediaan Vaksin Covid-19

Juru bicara vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan ini pun memastikan bahwa pemerintah pusat akan berupaya untuk mengendalikan Covid-19 di Kudus. Caranya yaitu dengan menyediakan sarana prasarana, obat obatan serta tenaga kesehatan serta alat diagnosis lab PCR dan antigen.

Diketahui sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menerjunkan sebanyak 450 prajurit TNI untuk membantu operasi penegakan protokol kesehatan 3M dan pelaksanaan PPKM Mikro di Kudus. Langkah ini juga tentunya diambil menyusul dengan melonjaknya kasus Covid-19 di wilayah tersebut.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini