Aksi Demonstrasi Pendukung HRS di Kejari Tasikmalaya Berakhir Ricuh

Selasa, 13 Juli 2021 07:44 Eris Kuswara Daerah

Aksi Demonstrasi Pendukung HRS di Kejari Tasikmalaya Berakhir Ricuh

 

 

Koropak.co.id - Beberapa waktu lalu, sekelompok orang pendukung Habib Rizieq Sihab (HRS) melakukan aksi unjuk rasa yang berujung ricuh di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Tasikmalaya pada Senin (12/7/2021). Buntut kericuhan aksi demonstrasi tersebut hingga merusak mobil patroli polisi.

Sementara itu, akibat kejadian tersebut, pihak kepolisian pun telah mengamankan 31 orang pendemo. Ternyata, dari sebagian orang yang melakukan aksi kericuhan tersebut merupakan anak yang masih dibawah umur.

Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya, AKP Hario Prasetyo Seno menjelaskan bahwa massa aksi unjuk rasa yang menuntut pembebasan HRS di Kejaksaan Negeri Tasikmalaya itu merupakan pengangguran, anak punk hingga kelompok bermotor atau geng motor,"Kami masih mendalami kasus ini dan ternyata sebagian dari mereka adalah pengangguran, anak punk dan anak genk motor," kata AKP Hario Prasetyo Seno sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (12/7/2021).

 

Baca : Langgar PPKM Darurat, Penyelenggaran Hajatan di Tasikmalaya Diperiksa

Diketahui juga bahwa ratusan massa yang melakukan aksi unjuk rasa tersebut bukan hanya berasal dari Tasikmalaya. Namun banyak juga yang berasal dari beberapa kota di sekitar Kabupaten Tasikmalaya. Selain itu, hingga saat ini polisi masih mendalami siapa saja pelaku perusakan terhadap kendaraan polisi. Bahkan mereka yang diamankan juga langsung dimintai keterangan terkait aksi kericuhan tersebut.

"Hingga saat ini kita masih dalami terus terkait siapa saja yang terlibat dalam perusakan kendaraan dinas polisi," ucapnya.

Menanggapi kejadian itu, Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Keagaman di Tasikmalaya sangat menyayangkan hal itu dan mengutuk tindakan anarkis unjuk rasa tersebut. 

Ketua Nahdhlatul Ulama (NU) Kabupaten Tasikmalaya, Atam Rustam menyebutkan bahwa ormas mendukung penuh kepolisian untuk mengusut tuntas dan penegakan hukum atas aksi anarkis tersebut,"Kami Ormas Islam mendukung penuh pihak kepolisian untuk mengusut tuntas atas aksi anarkis yang dilakukan dalam unjuk rasa tersebut," tutur Atam.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini