Tak Miliki Uang Bayar Denda, Pemilik Kedai Kopi di Tasikmalaya Memilih Dipenjara

Kamis, 15 Juli 2021 18:39 Eris Kuswara Daerah

Tak Miliki Uang Bayar Denda, Pemilik Kedai Kopi di Tasikmalaya Memilih Dipenjara

 

 

Koropak.co.id - Asep Lutfi Suparman (23), pemilik kedai kopi di Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, lebih memilih dipenjara selama tiga hari dibandingkan harus membayar denda pelanggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Diketahui, akibat pelanggaran yang dilakukannya, hakim pun memvonis Asep harus membayar sanksi denda Rp 5 juta di persidangan virtual Pengadilan Negeri Tasikmalaya beberapa waktu lalu. Asep sendiri divonis bersalah dikarenakan dia tidak mengindahkan aturan PPKM Darurat yang di mana dia masih melayani pembeli di tempat dan melebihi batas waktu operasi buka pukul 20.00 WIB.

"Vonis denda bagi terdakwa denda Rp 5 Juta atau subsider kurungan tiga hari penjara. Terdakwa terbukti melanggar batas waktu operasi sesuai PPKM darurat yakni melebihi pukul 20.00 WIB malam," kata Hakim Gofur saat membacakan vonis pelanggaran Asep dalam sidang virtual, sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (15/7/2021).

 

Baca : Langgar PPKM Darurat, Penjual Bakso di Tasikmalaya Didenda Rp 5 Juta

Setelah divonis, Asep langsung menghampiri meja Kejaksaan Negeri Tasikmalaya di ruang sidang Taman Kota Tasikmalaya dan dia memilih untuk dikurung selama tiga hari dikarenakan tidak memiliki uang untuk membayar denda yang diketahui bagi dirinya jumlahnya itu sangat besar,"Saya memilih menjalani kurungan penjara tiga hari saja dan saya sudah yakin itu. Karena saya juga tidak memiliki uang bayar denda ke negara," tutur Asep.

Menurutnya, sanksi denda yang dikenakan itu terlalu tinggi bagi pelaku usaha kecil,"Usaha kopi lagi sepi, kalo punya uang sih maunya bayar denda. Tapi darimana uangnya, karena mau nyari pemasukan Rp 100 ribu aja susah sekarang. Jadi biarlah saya memilih untuk di penjara saja," ucapnya.

Meskipun begitu, Pihak Kejaksaan Negeri sendiri kemudian memberikan waktu selama dua hari kepada Asep untuk memikirkan pilihannya tersebut.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini