Denda Pelanggar PPKM Darurat di Indramayu Sudah Capai Setengah Miliar

Senin, 19 Juli 2021 15:27 Eris Kuswara Nasional

Denda Pelanggar PPKM Darurat di Indramayu Sudah Capai Setengah Miliar

 

 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa denda yang dikumpulkan dari pelanggar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat sudah mencapai lebih dari setengah miliar rupiah atau tepatnya mencapai Rp 601 juta. Denda tersebut diketahui berasal dari 108 pelanggar PPKM Darurat di Indramayu, baik berupa badan hukum maupun perorangan.

"Untuk jumlah total denda pelanggar PPKM darurat yang sudah terkumpul itu lebih dari Rp 601 juta," kata Humas Pengadilan Negeri Indramayu Fatchu Rochman, sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (19/7/2021).

Ia menambahkan bahwa seluruh uang denda pelanggaran PPKM Darurat tersebut akan langsung dimasukkan ke kas negara secara langsung tanpa perantara mana pun,"Tidak ada uang denda di instansi Pengadilan, Kejaksaan, Kepolisian atau instansi lainnya. Namun uang denda ini langsung masuk ke kas negara," ucapnya.

 

Baca : Langgar PPKM Darurat, Ridwan Kamil Sanksi Dua Pabrik Tekstil Bandung

Pihaknya juga menuturkan bahwa para pelanggar PPKM Darurat di Indramayu tersebut cukup bervariasi, mulai dari perorangan, badan hukum, dan juga perusahaan besar. Begitu juga dengan besaran dendanya yang beragam. Seperti yang terjadi pada Jumat (16/7/2021) terdapat dua perusahaan yang melanggar PPKM darurat dan didenda masing-masing Rp 30 juta.

"Untuk jumlah total yang kita kenakan denda itu sebanyak 108 pelanggar. Namun, tidak semua pelanggar juga memilih untuk membayar denda. Bahkan ada 4 pelanggar memilih untuk dipenjara selama 5 hari, dan ada satu pelanggar yang belum menjalani hukuman karena dia masih harus menjalani isolasi mandiri," ujarnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini