Polisi Ungkap Pelaku Rudapaksa Seorang Wanita Difabel di Jabiren Raya

Kamis, 22 Juli 2021 09:12 Eris Kuswara Nasional

Polisi Ungkap Pelaku Rudapaksa Seorang Wanita Difabel di Jabiren Raya

 

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini, seorang wanita berinisial NU (57) yang merupakan difabel tunawicara mengalami tindakan rudapaksa oleh pelaku berinisial NG (56) yang merupakan tetangganya sendiri di Kecamatan Jabiren Raya sekitar pukul 00.30 WIB, pada Selasa (20/7/2021) lalu. Tindak pidana kekerasan seksual tersebut pun kini sudah berhasil diungkap oleh Polres Pulang Pisau.

Kapolres Pulang Pisau, AKBP Kurniawan Hartono, mengatakan bahwa tidak kurang dari 13 jam, Satreskrim Polres Pulang Pisau berhasil mengungkapkan siapa pelaku tindak pidana kekerasan seksual tersebut,"Jadi untuk kronologisnya itu berawal pada Selasa (20/7/2021) sekitar pukul 00.39 WIB di TKP Kecamatan Jabiren Raya dan pelaku dengan inisial NG (56)," kata Kurniawan sebagaimana dihimpun Koropak, Kamis (22/7/2021).

Ia menambahkan, menurut pengakuan pelaku bahwa saat itu dia sedang mencari ternak ayam miliknya. Namun dalam perjalanannya, pelaku melihat rumah korban berinisial (NU) itu pintu rumahnya sedikit terbuka. Sehingga munculah niatan pelaku untuk melihat kedalam rumah tersebut dengan sedikit paksaan mendobrak pintu masuk.

"Setelah berhasil masuk, tampak korban yang sedang tinggal sendirian di rumahnya itu. Munculah niatan pelaku untuk menyetubuhi dan rudapaksa korban. Setelah korban sadar akan dirudapaksa oleh pelaku, korban pun meronta dan memberontak yang membuat pelaku menjadi panik sehingga melakukan penganiayaan terhadap korban," ucapnya.

 

Baca : Didakwa Kasus Pencabulan, Dosen Unej Akan Jalani Sidang Perdana

Ia menuturkan, namun korban semakin meronta dan memberontak dan pada akhirnya berhasil melepaskan diri dari pelaku dan lari menuju rumah tetangga. Pelaku yang panik, langsung melarikan diri dari TKP. Setelah menerima laporan, anggota gabungan dari Satreskrim Polres Pulang Pisau dan Unit Reskrim Polsek Jabiren Raya pun langsung melakukan olah TKP dan mengumpulkan bukti-bukti dengan keterangan saksi di lapangan dan pelaku mengarah kepada NG.

“Alhamdulillah, berkat kesigapan dari anggota, kurang dari 13 jam pelaku berinisial NG berhasil diamankan di Jabiren Raya. Saat ini pelaku masih dalam proses penyidikan yang selanjutnya akan ditingkatkan ke berkas untuk dilimpahkan ke JPU. Sementara korban, saat ini masih diberikan pendampingan proses trauma healing," ujarnya.

Akibat perbuatannya, pelaku pun akan dikenakan pasal 285 Juncto 53 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara, dan Penganiayaan 351 KUHP dengan ancaman 2 tahun 8 bulan.

Sementara itu, Bupati Pulang Pisau, Pudjirustaty Narang memberikan apresiasi yang tinggi atas kinerja Polres Pulang Pisau yang berhasil mengungkapkan kasus tindak pidana kekerasan seksual kurang dari 13 jam,"Salut buat Polres Pulang Pisau yang berhasil mengungkap kasus tindak pidana kekerasan seksual ini kurang dari 13 jam. Saya minta pelaku dihukum sesuai dengan pasal yang disangkakan. Kemudian untuk korban juga agar diberikan pendampingan dan trauma healing,” tutur Pudjirustaty.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait