Heboh, Proyek Laptop Rp 10 Juta untuk Pelajar Indonesia Ramai Dikritisi Netizen

Jum'at, 30 Juli 2021 11:21 Eris Kuswara Nasional

Heboh, Proyek Laptop Rp 10 Juta untuk Pelajar Indonesia Ramai Dikritisi Netizen

 

 

Koropak.co.id - Diketahui bahwa Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim telah menyiapkan anggaran hingga Rp 2,4 triliun di tahun 2021 untuk membeli 240 ribu laptop buatan dalam negeri. Laptop ini sendiri nantinya akan disebarkan kepada para pelajar di seluruh Indonesia.

Jika dihitung secara kasar, maka laptop yang akan dibagikan pemerintah ke sekolah tersebut senilai Rp 10 juta per unit,"Pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,4 triliun untuk dana alokasi khusus pendidikan tahun 2021 di tingkat provinsi, kabupaten/kota untuk pembelian 240.000 unit laptop," kata Nadiem, sebagaimana dihimpun Koropak, Jumat (30/7/2021).

 

Baca : Nadiem Makarim, Sekolah Tatap Muka Dibuka Juli 2021

Tercatat, beberapa perusahaan yang siap memasok laptop untuk pelajar Indonesia adalah PT Zyrexindo Mandiri Buana, PT Tera Data Indonusa, PT Supertone, PT Evercoss Technology Indonesia, PT Bangga Teknologi Indonesia, dan PT Acer Manufacturing Indonesia. Selain laptop, pemerintah juga diketahui akan mengadakan alat-alat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan total anggaran mencapai Rp 17,42 triliun hingga tahun 2024 mendatang.

Selain laptop, alat-alat TIK tersebut meliputi access point, konektor, layar proyektor, speaker aktif, serta internet router. Selain itu, pemerintah juga akan turut membuat proyek pembuatan laptop Merah Putih yang melibatkan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ternama di Indonesia seperti Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Semarang (ITS) dan Universitas Gadjah Mada (UGM)

Namun, di balik itu semua, hingga saat ini diketahui banyak sekali netizen tanah air yang mengkritisi proyek laptop Rp 10 juta untuk pelajar dikarenakan spesifikasinya yang dinilai tidak sesuai dengan apa yang dianggarkan pemerintah.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait