Korlantas Polri Sudah Terbitkan Aturan Baru Penggolongan SIM C

Selasa, 03 Agustus 2021 07:00 Eris Kuswara Daerah

Korlantas Polri Sudah Terbitkan Aturan Baru Penggolongan SIM C

 

 

Koropak.co.id - Baru-baru ini diketahui Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri sudah menerbitkan peraturan baru terkait penggolongan Surat Izin mengemudi (SIM) C atau SIM untuk kendaraan sepeda motor. Setidaknya ada tiga jenis SIM C yang nantinya akan diberlakukan oleh Korlantas Polri bagi pengendara sepeda motor.

Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Brigjen Yusuf, mengatakan, rencananya aturan tersebut akan mulai diberlakukan pada Agustus 2021. Namun dikarenakan saat ini masih diberlakukannya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), sehingga yang menjadi prioritas adalah sosialisasi terlebih dahulu.

"Untuk penggolongan SIM C tersebut termuat dalam Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penerbitan dan Penandaan SIM yang didalamnya disebutkan bahwa akan ada tiga jenis SIM C yakni SIM C, CI, dan CII. Ketiga jenis SIM C itu pun dibedakan dalam kapasitas isi silinder kendaraannya," kata Yusuf sebagaimana dihimpun Koropak, Senin (2/8/2021).

 

Baca : Hari Ini, Korlantas Polri Luncurkan Aplikasi SINAR

Ia menambahkan, SIM C berlaku untuk jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin sampai dengan 250 cc. Sementara itu, SIM CI berlaku untuk jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 250 hingga 500 cc atau jenis sepeda motor listrik. Sedangkan SIM CII berlaku untuk jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin di atas 500 cc atau jenis motor listrik. Adapun, untuk biaya pembuatan SIM C, CI, dan CII masih tetap sama.

"Dalam Pasal 3 Nomor 8 Peraturan Kepolisian Nomor 5 Tahun 2021 disebutkan bahwa pemilik SIM C minimal berusia 17 tahun. Kemudian bagi pengendara motor SIM CI minimal berusia 18 tahun dan pemotor SIM CII minimal berusia 19 tahun. Selain itu, bagi pemotor yang ingin memiliki SIM CI wajib memiliki berbagai persyaratan sesuai ayat (2) huruf h yakni pemotor harus terlebih dahulu memiliki SIM C umum. Kemudian SIM C yang dimiliki juga telah digunakan selama dua belas bulan sejak SIM C tersebut diterbitkan," ucapnya.

Terakhir Pihaknya menuturkan, ketentuan serupa juga berlaku bagi pemotor yang ingin memiliki SIM CII. Tercatat, dalam Pasal 3 Nomor 9 ayat (2) huruf i disebutkan bahwa pengendara terlebih dahulu memiliki SIM CI yang telah digunakan selama dua belas bulan sejak diterbitkan.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini