Sah! Plt Walikota Tasikmalaya Diangkat Jadi Walikota Definitif 2017-2022

Selasa, 10 Agustus 2021 14:37 Eris Kuswara Parlemen

Sah! Plt Walikota Tasikmalaya Diangkat Jadi Walikota Definitif 2017-2022

 

 

Koropak.co.id - DPRD Kota Tasikmalaya menggelar Rapat Paripurna ke-8 Usulan Pengangkatan dan Pengesahan Wakil Walikota Tasikmalaya menjadi Walikota Tasikmalaya Masa Jabatan Tahun 2017-2022 dan Usulan Pemberhentian Wakil Walikota Tasikmalaya Masa Jabatan Tahun 2017-2022 yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Selasa (10/8/2021).

Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H Aslim SH mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari Gubernur Jawa Barat pada Senin (9/8/2021) tentang pemberhentian Walikota Tasikmalaya, Drs H Budi Budiman. Sehingga, berdasarkan ketentuan pasal 173 ayat 1 huruf e Undang-Undang Nomor 10 tahun 2016 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 tahun 2015 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota menjadi Undang-Undang menetapkan bahwa Walikota berhenti karena diberhentikan maka Wakil Walikota menggantikan Walikota.

"Setelah surat usulan pengangkatan ditandatangani dalam Rapat Paripurna tersebut, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya akan mengantarkan surat tersebut ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) agar Drs H Muhammad Yusuf segera dilantik menjadi Walikota Tasikmalaya definitif," kata Aslim.

Ia menambahkan, DPRD Kota Tasikmalaya juga memandang bahwa hal ini adalah prioritas yang harus diperjuangkan bersama-sama untuk kepentingan masyarakat di Kota Tasikmalaya, yang tentunya juga harus dikawal agar Surat Keputusan (SK) Walikota Definitif segera diturunkan.

 

Baca : PPKM Level 3, Kota Tasikmalaya Terapkan Kebijakan Ganjil-Genap

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H Agus Wahyudin, SH., MH., menuturkan, usulan tersebut nantinya langsung ditindaklanjuti oleh Pemkot Tasikmalaya dengan segera mengirimkan surat itu ke Kemendagri melalui Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) agar segera dilakukan pelantikan, atau pendefinitifan jabatan Walikota Tasikmalaya, Drs H Muhammad Yusuf. Karena wewenang normatif DPRD sendiri disana dan sesuai peraturan yaitu memberikan usulan ini ke Pemkot Tasikmalaya yang selanjutnya akan mengurus.

"Kita ubah kebiasan lambat administrasi, sehingga tadi ada usulan dari anggota dewan agar dikawal ketat proses ini. Karena kita juga ingin secepatnya dan bisa saja pertengah Agustus sebelum upacara Hari Kemerdekaan. Pada intinya kami berharap Surat Keputusan (SK) pengangkatannya bisa dipercepat oleh Kemendagri, dikarenakan memang keinginan masyarakat begitu kuat di Kota Tasikmalaya untuk memiliki seorang pemimpin.

"Selanjutnya ekspektasi masyarakat ini juga tentunya jangan di sia-siakan oleh Walikota Definitif dikarenakan juga ada berbagai persoalan yang tentu cukup berat di Kota Tasikmalaya salah satunya berkaitan dengan perkembangan Covid-19. Hal itu pun berindikasi kepada persoalan kebutuhan masyarakat," tutur Agus.

Dalam kesempatan itu, pihaknya pun berharap berbagai permasalahan tersebut bisa direspon cepat oleh Walikota Baru. "Semoga ini secepatnya direspons oleh Walikota yang baru. Kemudian disisi lain, DPRD Kota Tasikmalaya pun mendorong agar Walikota baru ini bisa secepatnya dilantik," ucapnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait