Ratusan Atlet Paralayang Terbang di Festival Paragliding TROI Seri I 2021 Sumedang

Minggu, 05 September 2021 07:17 Eris Kuswara Daerah

Ratusan Atlet Paralayang Terbang di Festival Paragliding TROI Seri I 2021 Sumedang

 

Koropak.co.id - Pengurus Trip Of Indonesia (TROI) dan Pengurus Besar (PB) Federasi Airo Sport Indonesia (FASI) atau Persatuan Olahraga Dirgantara Gantolle dan Paralayang Indonesia (PGPI) bidang paralayang mengadakan Festival Paragliding Trip Of Indonesia (TROI) Seri I Tahun 2021 secara Online dan Offline di Sumedang dan Papua, mulai Sabtu (4/9) hingga Minggu (5/9).

Sebagai tuan rumah, Sumedang dan Papua bertugas menampung para atlet yang berada di wilayah Barat dan Timur. Mengingat situasi pandemi Covid-19, peserta yang mengikuti kegiatan pun dibatasi dan hanya menampung 250 atlet nasional saja. Sementara jenis yang dilombakan adalah paralayang nomor ketepatan mendarat (KTM/accuracy).

Di Sumedang, kegiatan olahraga paralayang ini diselenggarakan di Kampung Toga Desa Sukajaya Kecamatan Sumedang Selatan dengan daya tampung sebanyak 150 atlet. Sementara sisanya, sebanyak 100 atlet bertanding di Bukit Gracia Skyline Papua.

 

Baca : Pengcab PGPI Ciamis Gelar Uji Coba Venue Paralayang di Bukit Bihbul

Bupati Sumedang Dr. H. Ahmad Munir bersama Kapuspotdirga sekaligus Sekjen PB FASI Marsma TNI Fajar Adriyanto, membuka secara resmi Event Paragliding TROI Seri I Tahun 2021. Meski suasana pandemi, namun acara tersebut tetap meriah.

"Pelaksanaannya digelar secara virtual, sehingga penonton bisa menyaksikan pertandingannya secara online di channel YouTube yang telah disiapkan panitia," kata Ahmad Munir, saat pembukaan, Sabtu (4/9/2021).

Dia mengapresiasi kegiatan ini karena Sumedang dipercaya jadi tuan rumah sekaligus lokasi pra kualifikasi penyelenggaraan PON di Papua. Event tersebut bisa menjadi contoh untuk kegiatan paralayang tingkat nasional maupun internasional.

"Kami berharap spot tourism di Sumedang dapat terus terpromosikan. Selain itu, kami juga meminta kepada FASI untuk menjadikan Sumedang sebagai pusatnya paralayang di Indonesia," harapnya.

Sementara Sekjen PB-FASI, Marsma TNI Fajar Adriyanto mengatakan, kegiatan paragliding ini untuk mengasah dan melatih para atlet nasional dalam rangka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

"Sumedang ini merupakan salah satu tempat terbaik dan ideal untuk paralayang untuk nasional maupun internasional. Kegiatan ini dapat digelar di Kabupaten Sumedang dikarenakan tingkatan pandemi Covid-19 yang rendah dan zona kuning," kata Fajar.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini


Berita Terkait