Labu Kabocha, Si Bulat Berwarna Jingga yang Memesona

Senin, 06 September 2021 18:13 Redaksi Daerah

Labu Kabocha, Si Bulat Berwarna Jingga yang Memesona

 

Koropak.co.id - Apakah anda tahu tentang kabocha? Sebagian orang tentu akan mengernyitkan dahi. Bahkan mungkin sebagian besar orang akan geleng-geleng kepala.

Tapi jika pertanyaan diubah, tahu labu? Atau orang sunda menyebutnya "Waluh badag." Ya. Labu sudah familier dan hampir semua orang mengetahuinya.

Sebenarnya, kabocha adalah saudara kembar dengan labu. Bedanya hanya sedikit. Tapi sedikit inilah yang menjadi ciri khas kabocha.

Jika dilihat mata telanjang, kabocha begitu seksi. Ukuran kabocha lebih kecil daripada labu besar pada umumnya. Berbentuk bulat, dengan warna jingga ngejreng. Soal isinya, menurut konsumen, lebih enak dari pada labu pada umumnya.

Makin kesengsem sama kabocha. Silahkan amati seksama. Jika melalui jalan utama Lembang Kabupaten Bandung Barat (KBB), penampakan kabocha ini banyak. Si Bundar ini akan terlihat berjejer di lapak-lapak penjual sayuran dan buah-buahan khas Lembang dan Subang.

"Harganya Rp 10 ribu satu yang besar. Kalau yang kecil boleh lah Rp 15 ribu dua," kata Undang (47), serang petani kabocha yang menjajakan hasil keringatnya di sekitar perkebunan kabocha, belum lama ini.

 

Baca : Berhasil Bisnis Produksi Dompet Berkat Duet Ayah-Anak

Ia menuturkan, menanam kabocha tidaklah sulit. Sama seperti menanam labu pada umumnya. Tak harus terlalu ribet perawatan sebagaimana tanaman holtikultura.

Perlu sekitar 3 bulan, kata dia, sejak menanam bibit hingga berbuah. Untuk rentang waktu seperti palawija ini tentu menjadi keunggulan.

"Setelah siap dijual kabocha ini tidak cepat busuk, cukup tahan lama. Pemandangannya juga bagus, labu berwarna jingga dengan bentuknya yang unik," ujarnya.

Bagaimana mengolahnya?

Hendri (39) salah seorang pegiat kuliner di Bandung Barat mengungkapkan bahwa kabocha ini sangat potensial untuk berbagai bahan olahan makanan. Misalnya bahan baku untuk membuat kue bolu.

"Satu kabocha bisa untuk satu buah kue seukuran bolu kick. Rasanya enak, bisa dicoba banyak cara di rumah," katanya.

Selain dibuat kue bolu, kabocha ini juga bisa dimasak dadakan. "Direbus atau dibuat kolak, rasanya itu sangat nikmat," imbuhnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait