Viral Foto Bayi Penuh Luka Dibuang Ayahnya di Malangbong Garut, Benarkah?

Selasa, 07 September 2021 15:35 Eris Kuswara Daerah

Viral Foto Bayi Penuh Luka Dibuang Ayahnya di Malangbong Garut, Benarkah?

 

Koropak.co.id - Foto seorang anak di bawah tiga tahun (batita) dengan sejumlah luka di bagian kepala dan wajahnya mendadak viral di media sosial. Pantauan Koropak pada Senin (6/9/2021), foto itu dishare melalui beranda publik dan pesan pribadi.

Keterangan yang ada dalam foto tersebut menyebutkan batita tersebut diduga dibuang atau dilempar dari motor di sekitar wilayah Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut.

Menyikapi informasi tersebut, Kapolsek Malangbong, AKP Zainuri pun memastikan bahwa anak tersebut tidak dibuang atau dilempar dari atas motor.

"Berdasarkan informasi yang kami terima, anak itu sebenarnya dititipkan oleh ayahnya kepada salah seorang pemilik warung sekitar pukul 15.00 WIB atas nama Titi (50)," katanya kepada awak media di Polsek Malangbong, Selasa (7/9/2021).

Kapolsek Malangbong menjelaskan, saat itu sang ayah menitipkan anak tersebut kepada pemilik warung dan menyebutkan bahwa dirinya hendak mengurus kecelakaan. Dikarenakan peduli, sang pemilik warung pun menerima titipan tersebut.

"Saat dititipkan, kondisi anak itu memang sudah dalam kondisi luka di bagian wajah dan kepala. Setelah menunggu beberapa jam, ternyata ayah dari anak itu tidak datang juga, sehingga pada akhirnya anak itu diamankan oleh Bu Titi. Kami yang menerima laporan itu langsung mendatangi lokasi kejadian," sebutnya.

Namun pada saat pihaknya mendatangi lokasi, kemungkinan besar ada warga yang mengambil gambar dari batita itu dan kemudian mengunggahnya ke media sosial. "Kondisi anak itu memang luka-luka, tapi secara umum dia sehat," ungkapnya.

 

Baca : Dua Gadis Dibawah Umur di Tasikmalaya, Disekap dan Diperkosa Orang Tak Dikenal

Zainuri menerangkan, di saat batita tersebut ditangani secara medis, tiba-tiba datang seorang nenek yang sedang mencari cucunya. Kepada polisi, nenek itu menyebutkan bahwa cucunya diketahui berada di Malangbong setelah melihat di media sosial.

"Berdasarkan hasil informasi yang digali dari nenek itu, ternyata anak yang kami amankan memang cucu dari nenek itu. Selain itu, ternyata luka yang didapat anak itu diakibatkan terjatuh di rumahnya. Sehingga dapat dipastikan bahwa anak itu bukan jatuh dari motor atau dibuang," tegasnya.

Kapolsek juga menyangka bahwa anak itu dibawa oleh ayahnya untuk berobat ke Puskesmas Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya. Namun dikarenakan tak kunjung pulang, maka neneknya pun menyusul ke puskesmas dan ternyata tidak ada.

Dalam kondisi kalut, nenek itu pun langsung mencari informasi dan dia mendapatkan kabar bahwa cucunya berada di Garut, atau tepatnya di wilayah Kecamatan Malangbong.

"Kepada kami, nenek itu mengatakan bahwa ayah dari anak tersebut sedang dalam kondisi depresi. Sehingga dirinya tidak menyadari telah meninggalkan anaknya di sebuah warung di Garut," ujarnya.

Mungkin depresi itu, si ayah malah menitipkan anaknya di warung. Sementara si ayahnya ini malah pulang sendiri ke rumah.

"Saat sampai di rumah, ayah anak itu pun bertanya anaknya dimana. Jadi sepertinya dia linglung," ucapnya.

Sebagai informasi, anak tersebut sudah dikembalikan kepada pihak keluarga. "Tentunya kami tidak melakukan proses hukum untuk ayah anak itu, karena diduga dia mengalami depresi," tuturnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait