Bangun Generasi Kompeten, HILLSI Siap Berkolaborasi

Senin, 13 September 2021 21:36 Eris Kuswara Daerah

Bangun Generasi Kompeten, HILLSI Siap Berkolaborasi

 

Koropak.co.id - Himpunan Lembaga Pelatihan Seluruh Indonesia (HILLSI) Kota Tasikmalaya menyampaikan selamat atas dilantiknya H.Muhammad Yusuf sebagai Wali Kota Tasikmalaya. Sebagai organisasi yang berpengalaman mencetak sumber daya manusia (SDM) dibidang vokasional, HILLSI siap berkolaborasi.

Ketua DPC HILLSI Kota Tasikmalaya Tatang Taqyudin mengatakan, organisasinya siap berkolaborasi dengan wali kota dan siap membantu merestorasi kondisi masyarakat saat ini yang sedang terpuruk di berbagai bidang.

"Salah satu yang bisa kita lakukan adalah membantu pemerintah mencetak SDM yang memiliki kompetensi," kata Tatang kepada Koropak, Senin (13/9/2021).

Tatang menilai, kondisi yang paling nyata saat ini adalah kompetensi dan keahlian yang dimiliki masyarakat harus ditingkatkan. Dengan peningkatan itulah, secara tidak langsung akan sangat membantu mereka semua.

"HILLSI siap berkolaborasi dengan berbagai sumber daya yang ada dan didukung berbagai program yang banyak. Sangat bisa dikolaborasikan dengan berbagai program pemerintah," katanya.

Ia mengungkapkan, HILLSi menaungi lebh dari 64 lembaga pelatihan, berbentuk lembaga pelatihan kerja (LPK) dan balai latihan kerja komunitas (BLKK). Semua lembaga itu, kata dia, telah berpengalaman melaksanakan berbagai program sesuai dengan bidang vokasi masing-masing.

Sebuah kebanggaan bagi Kota Tasikmalaya, kata dia, bahwa LPK dan BLKK yang ada termasuk berprestasi. Sebagian besar sudah diakreditasi dan memiliki segudang karya yang diakui baik tingkat provinsi maupun nasional.

Tatang melanjutkan, LPK dan BLKK yang ada di Kota Tasikmalaya ini dikelola secara serius dan professional. Rata-rata pengurusnya memiliki sertifikat keahlian pengelolaan lembaga pelatihan kerja dari Kementrian Ketenagakerjaan. Selain itu, didukung dengan kehadiran berbagai instruktur bersertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi disingkat (BNSP).

"Kami memiliki 64 lembaga kursus dan pelatihan. Kami melatih mereka semua hingga kompeten dan langsung ditempatkan kerja. Hingga ada juga sebagian yang menjadi seorang wirausahawan baru," ucapnya.

 

Baca : Yusuf Jadi Wali Kota Tasik, Seniman : Berdayakan Potensi Seni Lokal

Tatang melanjutkan, dengan dibekali berbagai kompetensi itu, nantinya mereka akan benar-benar bisa hidup. Bisa bekerja karena jelas memiliki kompetensi, atau berwirausaha karena sudah dibekali dengan ilmunya.

Namun yang menjadi masalah saat ini, dia melanjutkan, kondisi saat ini masyarakat sedang terpuruk. Bagaimana masyarakat usia produktif bisa kursus dan mengikuti pelatihan, sementara mereka ini masih memikirkan kondisi sehari-harinya yang mengalami kesulitan.

"Masalah inilah yang harus dibantu oleh pemerintah. Membantu masyarakat, khususnya kaum milenial yang produktif di Kota Tasikmalaya, agar mengikuti pelatihan berbasis kompetensi."

"Kami juga mempunyai program untuk melatih 5.000 milenial kompeten di berbagai bidang khusus di Kota Tasikmalaya."

Tatang menjelaskan mengapa pihaknya memiliki program milenial kompeten. Karena Kota Tasikmalaya, kata dia, mempunyai modal SDM. Kondisi ini berbeda dengan Kabupaten sekitar, seperti Tasikmalaya dan Ciamis, yang memiliki sumber daya alam (SDA) melimpah.

"Jadi kita berusaha mendongkrak kompetensi SDM-nya. HILLSI siap membantu dan berkolaborasi dengan pemerintah. Meskipun hanya tinggal tersisa 14 bulan, namun hal itu bisa di efektifkan agar programnya benar-benar terasa dan membuat perekonomian masyarakat terangkat," bebernya.

Ia optimis rencana yang dia sampaikan itu briliant. Pasalnya, pelatihan yang dikelola oleh lembaga dalam naungan HILLSi ini tidak hanya sekedar melatih, namun juga menyambungkannya dengan dunia industri. "Istilahnya itu ada link and match antara dunia pelatihan dengan dunia industri. Dan ini berpotensi menggaet investor juga," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Tatang berdoa agar M.Yusuf selaku Wali Kota definitif selalu diberikan keberkahan, ketabahan, kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan tugas-tugasnya. "Semua tugas dan program yang selama ini berjalan, bisa dilanjutkan untuk menjadi lebih baik," tutupnya.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait