DKP3 Kota Tasikmalaya Ungkap Penyebab Harga Telur Anjlok

Rabu, 15 September 2021 13:41 Sopyan Saori Daerah

DKP3 Kota Tasikmalaya Ungkap Penyebab Harga Telur Anjlok

 

Koropak.co.id - Kepala Bidang Ketahanan Pangan Dinas Pertanian Kota Tasikmalaya, Hj Enung mengungkapkan soal anjloknya harga telur. Beberapa diantara penyebabnya, stok barang menumpuk dan daya beli masyarakat berkurang.

"Ya, beberapa waktu lalu, kami bersama tim TPID antara lain BI, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Indag dan bagian ekonomi di pemerintahan, melaksanakan monitoring ke pasar pasar untuk mencari tahu apa yang melatar belakangi hal tersebut," terang Enung, melalui sambungan telepon, Rabu (15/9/2021).

Dari analisanya itu, Enung mengatakan, ada beberapa hal yang mempengaruhi turunnya harga telur.


Baca : Peternak Ayam Petelor Menjerit, Ini Jawaban Pemerintah

 

"Karena daya beli masyarakat berkurang, jadi stok barang menumpuk. Faktornya diantaranya adanya bantuan pangan non tunai (BPNT) dan juga banyaknya pasokan dari luar daerah, terutama telur, sampai saat ini kita terus di pasok dari Blitar, padahal banyak juga peternak lokal," tambahnya.

Untuk itu, pihaknya dengan pihak terkait lainnya terus mempromosikan kepada para pedagang supaya mengambil pasokan telur dari peternak lokal. Adapun terkait BPNT, ia mengaku akan berkomunikasi dengan dinas terkait agar ke depan bisa memberdayakan peternak dan petani lokal.

"Untuk telur, kami terus promosikan kepada para pedagang supaya mengambil dari peternak lokal. Nah untuk BPNT, nanti kami akan komunikasi dan rapat koordinasi lagi dengan tim TPID termasuk Dinas Sosial, karena itu stakeholdernya, mudah mudahan bisa memberdayakan peternak lokal," katanya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait