Antisipasi Bencana Alam, Polres Tasikmalaya Kota Cek Kelengkapan Alat SAR

Rabu, 15 September 2021 15:36 Eris Kuswara Daerah

Antisipasi Bencana Alam, Polres Tasikmalaya Kota Cek Kelengkapan Alat SAR

 

Koropak.co.id - Cuaca ekstrim yang terjadi di musim penghujan terkadang mengakibatkan bencana alam di beberapa daerah, tidak terkecuali di Kota Tasikmalaya.

Guna mengantisipasi hal tersebut, Polres Tasikmalaya Kota melaksanakan pengecekan semua Perlengkapan Search and Rescue (SAR) serta menggelar Latihan Terbatas Personil Sat Samapta di Mapolres Tasikmalaya Kota, Selasa (14/9/2021).

Kapolres Tasikmalaya Kota AKBP Aszhari Kurniawan mengatakan, dalam kegiatan kali ini pihaknya memeriksa semua peralatan yang digunakan untuk antisipasi bencana alam seperti banjir, pohon tumbang hingga longsor.

"Sekarang ini sudah memasuki musim penghujan, oleh sebab itu perlu ditingkatkannya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam. Karena Negara juga tentunya harus hadir ditengah masyarakat," katanya saat menyaksikan Latihan Terbatas Personil Sat Samapta di Mapolres Tasikmalaya Kota beberapa waktu lalu.

 

Baca : Tasela Dilanda Banjir dan Longsor, Jalan Provinsi Terendam

Ia berpesan agar anggotanya melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah beserta TNI dalam menanggulangi bencana alam. Tak ketinggalan, dia juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dalam menghadapi musim hujan ini.

Ditambahkan Kasat Samapta Polres Tasikmalaya Kota, AKP Yusuf Ruhiman, pelatihan terbatas yang digelar tersebut sebagai langkah antisipasi. Agar saat terjun ke lapangan, para anggota langsung siap bekerja dengan alat yang siap pakai.

"Kami sudah cek semua kelengkapan seperti tenda, genset, chainsaw, perahu karet hingga rompi keselamatan. Intinya semua alat operasional sudah ready," tandasnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait