Anggaran Pemilu Tahun 2024 Sebesar Rp 86 Trilyun, Ini Jawaban KPU

Jum'at, 17 September 2021 19:09 Eris Kuswara Nasional

Anggaran Pemilu Tahun 2024 Sebesar Rp 86 Trilyun, Ini Jawaban KPU

 

Koropak.co.id - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengungkapkan bahwa KPU akan mencoba untuk merasionalisasikan anggaran Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

“Untuk anggaran tersebut nanti akan kita coba merasionalisasikan kembali,” kata Ilham dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi II DPR-RI, Kamis (16/9/2021).

Pernyataan Ilham ini merupakan jawaban dari pertanyaan sejumlah pihak. Sebelumnya, pihaknya merencanakan anggaran Pemilu Tahun 2024 sebesar Rp 86 triliun.

Ilham menjelaskan, usulan anggaran pemilu tersebut besar dikarenakan termasuk dengan penguatan infrastruktur KPU pusat hingga KPU daerah.

Salah satunya digunakan untuk pembangunan gedung, karena disebutnya banyak kantor KPU di daerah masih menyewa hingga dipinjamkan oleh Pemerintah Daerah.

 

Baca : KPU Bakal Mengkaji Rekomendasi Bawaslu Terkait Dugaan Pelanggaran Administrasi

“Memang untuk anggaran yang kami usulkan itu termasuk penguatan infrastruktur kami. Termasuk juga untuk pembangunan gedung," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan anggaran untuk Pemilu tahun 2024 yang mencapai angka Rp 86 triliun tersebut terlalu fantastis. Terlebih, Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang itu dalam situasi yang berbeda.

“Ini yang mungkin berbeda dengan Pemilu tahun-tahun sebelumnya. Sehingga pertimbangan efisiensi dalam penganggaran pemilu tersebut perlu betul-betul kita pertimbangkan. Sebab Indonesia juga saat ini tengah dilanda pandemi Covid-19, dan disisi lain pemulihan ekonomi juga harus bisa dilakukan,” beber Tito.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini