DPRD Temukan Kekurangan RPJMD Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya

Jum'at, 17 September 2021 19:26 Sopyan Saori Daerah

DPRD Temukan Kekurangan RPJMD Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemparda) DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Cecep Nur Yakin mengungkapkan, draf RPJMD Pemerintahan Ade Sugianto dan Cecep Nurul Yakin masih membutuhkan banyak perbaikan.

Cecep berkata, ada sejumlah kelengkapan dokumen hingga kesesuaian narasi yang belum ada titik temu. Kedua belah pihak belum bisa saling sepakat sebelum ada perbaikan tersebut.

"Tahapan penyusunan sudah sesuai, namun sebelum diparipurnakan, harus ada penyempurnaan. Kami punya tugas mengharmonisasi dan pembulatan legal drafnya," terang Cecep dilansir dari situs resmi DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (17/9/2021).

Menurut Cecep, DPRD berkewajiban memeriksa kesesuaian konsideran serta referensi hukum RPJMD, mulai dari Undang-undang hingga Perpres, Permen, Perda Pemprov dan Perda Pemkab. Selain itu, Cecep juga mengatakan, RPJMD harus disesuaikan dengan RTRW dan RPJPD.

 

Baca : Kartu Prakerja Tahap 21 Resmi Dibuka, Ini Persyaratannya

Cecep menjelaksan, Bapemperda meminta pemerintah menghilangkan kalimat persetujuan DPRD terhadap rancangan awal (Ranwal) RPJMD. Karena menurutnya DPRD tidak merasa menyetujuinya, seiring dengan batalnya rapat paripurna pada Juli lalu.

Adapun referensi hukum pada dokumen RPJMD, menurut Cecep ada yang masih belum jelas. Ia mencontohkan di dalam RPJMD tercantum serapan anggaran dan program, namunDPRD tidak menemukan keterkaitannya.

“Sampai hari ini dokumen belum lengkap. Maka rapat kami skor sampai Bappeda mampu menghadirkan dan memperbaiki hal-hal yang kami minta,” tambahnya.

Sementara itu, Plt Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Muksin mengatakan, pihaknya menyanggupi permintaan Bappemperda. Ia mengatakan akan segera melengkapi dokumen dan memperbaiki narasi pada draf RPJMD.

“RPJMD 2016-2021 dengan 2021-2026 itu intinya dilihat dari evaluasi capaian dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) sejauh mana. RPJMD tahun ini adalah RPJMD terakhir,” ujar Muksin.

Muksin mengungkapka, kunci dari RPJMD yakni melakukan perencanaan program selama lima tahun ke depan. Sementara capaian RPJMD sebelumnya, akan menjadi evaluasi dan penilaian pemerintah provinsi dan DPRD.

“Banyak faktor penyebab tidak tercapainya RPJMD ini. Seperti kemampuan APBD, baik DAU dan juga PAD," pungkasnya.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait