Puluhan IRT di Tasikmalaya Berhasil Ciptakan Sabun Anti Bakteri

Minggu, 19 September 2021 14:16 Sopyan Saori Daerah

Puluhan IRT di Tasikmalaya Berhasil Ciptakan Sabun Anti Bakteri

 

Koropak.co.id - Puluhan ibu rumah tangga (IRT) di Kelurahan Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya bersama dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Bakti Tunas Husada (BTH) berhasil menciptakan sabun pembersih bakteri dan virus.

Menariknya, sabun tersebut diproduksi secara mandiri di rumah masing-masing. Sabun tersebut diklaim sudah sesuai Standar Nasional Indonesia dan dianggap lebih ekonomis.

Ketua Pengmas Stikes BTH Lilis Tuslinah mengatakan, sabun tersebut merupakan hasil riset kampusnya selama ini. Ada sejumlah bahan yang merupakan bagian dari komposisi ini sehingga diklaim sebagai sabun anti bakteri.

"Sebelum di gunakan, sabun didiamkan sehari semalam agar berkualitas baik," kata Lilis.

Ia menjelaskan, sabun tersebut terdiri dari Texapon, foam booster, asam nitrat, natrium sulfat, garam, pewangi, pewarna dan air mineral.

 

Baca : Tiga Gerakan Olahraga yang Baik Untuk Ibu Hamil Semester 3

Ketua Stikes BTH Enok Nurmiawati mengatakan pembuatan sabun ini ditujukan sebagai upaya pengabdian terhadap masyarakat. Kedepannya, sabun tersebut akan digunakan oleh masyarakat untuk meningkatkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

"Tidak diperjualbelikan. Ini sabun khusus, lantaran suatu bentuk kepedulian kami. Jadi secara gratis akan di bagikan kepada masyarakat," ujarnya. *

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait