Ini Penjelasan Vaksinasi Bagi Perempuan Yang Sedang Menstruasi

Senin, 20 September 2021 12:32 Rizka Abdilah NR Nasional

Ini Penjelasan Vaksinasi Bagi Perempuan Yang Sedang Menstruasi

 

Koropak.co.id - Pemerintah sedang menggenjot vaksinasi Covid-19. Mengikuti program tersebut bukan hanya menjadi warna negara yang baik, namun untuk kebaikan diri sendiri, keluarga dan lingkungan sehari-hari.

Banyak pertanyaan soal pelaksanaan vaksinasi ini. Terutama bagi kalangan perempuan usia produktif. Mereka dihadapkan pada masalah bulanan, sementara jadwal vaksinasi sudah ditentukan.

Dihimpun dari berbagai sumber, Koropak memandang bahwa wanita yang sedang menstruasi memang dikhawatirkan saat dilakukan vaksinasi. Saat haid, sebagian besar wanita akan mengalami sakit perut, tidak enak badan dan bisa sampai demam karena menstruasi.

Vaksin masih bisa di terima bagi perempuan yang sedang menstruasi asalkan wanita tersebut tidak merasakan keluhan seperti sakit perut atau nyeri yang sangat parah. Namun lebih dianjurkan vaksinasi ditunda sampai tidak mengalami gejala atau keluhan.

 

Baca : Cara Mudah Daftar Vaksin Daring

Biasanya, nyeri pada bagian tertentu yang kerap datang bagi sebagian wanita, biasa terjadi dihari pertama sampai 3 hari. Jika sudah melalui masa sakitnya, wanita haid akan beraktivitas normal.

Nah, bagi kaum hawa yang tidak merasakan nyeri seperti itu, diperbolehkan menerima vaksin. Tapi dengan catatan tadi, sedang tidak mengalami keluhan.

Lalu jika merasakan demam atau pegal-pegal saat sudah di vaksin, ada baiknya meminum paracetamol. Jangan menggosok atau memijat bekas suntikan vaksin. Dan, jangan menerima vaksin yang berbeda dosis dengan sebelumnya.

Masalah vaksinasi Covid-19 ini sudah diatur jelas oleh Kementerian Kesehatan. Pihak terkait selalu memberikan pemberitahuan dan edukasinya melalui medsos.

Jadi, jangan bosan untuk mencari informasi. Bukan hanya untuk urusan wanita bulanan saja sebenarnya. Bisa mendapatkan juga informasi lainnya tentang Covid-19 dan vaksinasi. Oh ya, ada baiknya juga kamu konsultasi pada dokter terdekat.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait