Hilir Mudik Mobil-Motor di Hari Bebas Kendaraan Sedunia

Rabu, 22 September 2021 21:46 Redaksi Opini

Hilir Mudik Mobil-Motor di Hari Bebas Kendaraan Sedunia

 

Koropak.co.id - Memang sebagian besar tidak menyadari bahwa di hari ini, 22 September 2021 adalah Peringatan Hari Bebas Kendaraan Sedunia. Car free day orang-orang internasional menyebutnya.

Sebelum pandemi Covid-19, istilah Car free day (CFD) seperti jamur di musim hujan. Banyak titik di berbagai Kota menggelar event ini, yang sebenarnya adalah arena jualan di pagi hari, di Hari Minggu, dengan menutup jalan raya.

Idealnya, di zaman Covid-19, CFD dikembalikan lagi marwahnya. Menjadi hari yang diperuntukan untuk kebebasan polusi. Harinya para pejalan kaki. Harinya para goweser. Harinya keluarga dengan olah raga bersama.

Hari ini, Rabu, 22 September 2021, masyarakat dunia memperingati hari bebas kendaraan bermotor. Hari yang sesungguhnya diimpikan para kaum urban yang setiap hari bergelut dengan kemacetan dan polusi.

Kehadiran peringatan CFD setiap tanggal 22 September sebenarnya tak lepas dari kehadiran kendaraan bermotor, baik mobil maupun motor, sekitar awal tahun 1900 an.

Hingga setengah abad kemudian, tahun 1956 warga Belanda mulai merasa khawatir dengan pencemaran kota akibat polisi kendaraan.

Beberapa dekade kemudian, kekhawatiran serupa diperlihatkan oleh warga Inggris, Prancis, Italia dan Spanyol. Berbagai topik kampanye peringatan hari bebas kendaraan mulai bergema.

 

Baca : Catatan Redaksi

 

Pada tahun 1973, sebagian warga di negara Eropa mulai menyadari ancaman planet bumi, polusi dari kendaraan yang mulai banyak. Mereka mengampanyekan dampak negatif dari pembuangan kendaraan bermotor.

Sekitar tahun 1990-an, keseriusan menyikapi permasalahan polusi kendaraan mulai pada langkah strategis. Hingga sebuah kampanye bebas mobil mulai dibuat perencanaannya. Ini terjadi di beberapa kota di Eropa

Empat tahun berikutnya, tepatnya pada bulan Oktober 1994, digelar event International Ciudades Konferensi Accessibles (Accessible Cities), di Spanyol. Salah seorang tokoh Spanyol, Eric Britton berceramah tentang rencana bebas kendaraan.

Sejak saat itu, kampanye hari kebebasan kendaraan mulai berjalan. Berbagai event yang terkait dengan itu digelar di negara-negara Eropa dan Inggris Raya.

Hingga pada tahun 1997, Asosiasi Transportasi Lingkungan di Inggris mengampanyekan hari bebas kendaraan. Lalu Prancis di tahun 1998, mengampanyekan hal serupa, mengambil tema : “In Town, without my car!”

Tahun-tahun berlalu. Hingga memasuki abad 21 kendaraan semakin tak terbendung. Jalanan semakin macet, produksi motor dan mobil sudah tidak bisa ditahan lagi. Kebutuhan manusia yang secara jelas berdampak pada keberlangsungan planet bumi ini.

 

Baca pula : Kamu Tidak Sendiri, Masih Ada yang Selalu Mencintaimu


Berita Terkait