HUT ke-61 Karang Taruna, Gibran: Konsisten Berkarya Bagi Bangsa

Senin, 27 September 2021 07:10 Agus Mingkail Daerah

HUT ke-61 Karang Taruna, Gibran: Konsisten Berkarya Bagi Bangsa

 

Koropak.co.id - Karang Taruna tengah merayakan hari kelahirannya. Memasuki usianya yang ke-61, organisasi sosial wadah pengembangan generasi muda ini menggelar syukuran HUT Karang Taruna ke-61 dan doa lintas agama untuk Nusantara, di Grand Mercure Kemayoran Jakarta, Minggu (26/9/2021).

Kegiatan syukuran dan doa lintas agama ini dihadiri para para pengurus Karang Taruna tingkat nasional ini. Diantaranya, Majelis Pertimbangan Karang Taruna (MPKT) Gibran Rakabuming Raka dan Ketua Umum Pengurus Nasional Karang Taruna (PNKT) Didik Mukrianto beserta jajaran pengurusnya.

Selain kegiatan secara langsung di Grand Mercure, acara ini juga dilaksanakan secara virtual. Seluruh kader karang taruna se-Indonesia mengikuti acara tersebut. Selain itu, stakeholder pemerintahan, seperti Mensos Tri Rismaharini, Menpora Zainudin Amali dan Wamenag Zainut Tauhid ikut serta secara virtual tersebut.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua MPKT Gibran Rakabuming Raka mengajak kader Karang Taruna di manapun berada untuk semakin memperkuat pengabdian sosial kepada masyarakat.

 

Baca : Jaga Kelestarian Sungai, Karang Taruna Cisarua Tebar Ribuan Benih Ikan Nilem

"Moment HUT ke-61 Karang Taruna ini harus menjadi pengingat bagi kita semua untuk konsisten berkarya bagi bangsa," ujar Gibran.

Gibran mengatakan, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi Pandemi Covid-19. Karang Taruna harus hadir sebagai pemberi harapan, memberikan narasi optimis kepada masyarakat.

Hal ini dapat diawali dari pribadi setiap kader Karang Taruna. Ia menyebut, kader harus optimis. "Karena sikap optimis akan meningkatkan imunitas kita sebagai bangsa dalam menghadapi tantangan seberat apapun," imbuhnya.

Di tempat sama, Ketua Umum PNKT Didik Mukrianto meminta kader Karang Taruna terus berperan terhadap penguatan kemandirian ekonomi generasi muda. Kader, kata dia, harus melahirkan dan menguatkan Kelompok Usaha Bersama dan Usaha Ekonomi Produktif.

Ia menyebut peran itu penting dilakukan oleh kader-kader di Karang Taruna Desa dan Kelurahan. Dengan demikian, dia berharap, akan melahirkan lembaga ekonomi mikro di tingkat desa atau kelurahan yang dikelola karang taruna.

"Yodha-yodha sosial Karang Taruna harus menjadi garda terdepan dalam memerankan diri sebagai perekat sosial, harus menjadi penjaga moral dan karakter bangsa untuk melakukan perang terhadap narkoba, terorisme, intoleran dan ideologi radikal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa," katanya.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini