Waspada Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Musim Hujan

Senin, 11 Oktober 2021 14:48 Redaksi Nasional

Waspada Demam Berdarah Dengue (DBD) Di Musim Hujan

 

Koropak.co.id - Sebagian besar wilayah Indonesia dilanda musim hujan atau musim basah. Peningkatan curah hujan ini bisa berdampak bahaya bagi kesehatan apabila tidak diantisipasi serius.

Salah satu penyakit yang kerap hinggap di musim penghujan adalah demam berdarah atau demam berdarah dengue (DBD). Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue.

Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus. Jika tidak diantisipasi serius, DBD dapat menyebabkan kematian.

Belajar dari tahun-tahun lalu. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pernah merilis data secara nasional, pada tahun 2019, di awal tahun saja, hingga 3 Februari 2019, jumlah kasus DBD sudah tinggi.

Pada tanggal 3 Februari 2019, sebanyak 16.692 kasus dengan jumlah kematian 169 orang. Kasus terbanyak terdapat di wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, NTT dan Kupang.

Menginjak tahun 2020, angkanya lebih mengerikan. Kemenkes merilis data kasus DBD, dalam satu tahun. Hingga pekan ke-49 tahun 2020, terdapat 661 orang yang meninggal karena penyakit tersebut.

 

Baca : Waspada Demam Berdarah! Cegah Jentik Nyamuk dengan Gerakan 3M

Dihimpun Koropak dari laman Sehat Negeriku, total kasus DBD di Indonesia hingga pekan ke-49 tahun 2020 mencapai 95.893 kasus. Jumlah ini tersebar di 472 kabupaten/kota di 34 provinsi.

Tahun 2021 menjadi tahun penting di tengah pandemi Covid-19. Data yang dirilis Kemenkes menunjukan angka kasus DBD hingga pekan ke-25 di tahun 2021, mencapai 19.156 kasus.

Angka ini baru didapat dari laporan 405 dari total 477 kabupaten/kota di Indonesia. Dari angka tersebut di atas, sebanyak 160 pasien di antaranya dilaporkan meninggal dunia.

Lantas, apa kaitannya antara musim hujan dengan DBD?

Begini, musim hujan itu sangat besar kemungkinan terjadi genangan air di berbagai tempat. Genangan air ini yang menjadi tempat daur hidup nyamuk.

Waspadai banyak genangan di lingkungan tempat tinggal, tingkatkan daya tahan tubuh dengan perilaku hidup bersih dan sehat, selalu disiplin membuang sampah kuras bak mandi dan jangan menumpuk baju kotor.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini