Kelahiran Tasikmalaya, Nicke Widyawati Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

Selasa, 12 Oktober 2021 21:19 Eris Kuswara Nasional

Kelahiran Tasikmalaya, Nicke Widyawati Masuk Daftar Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

 

Koropak.co.id - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati baru-baru ini menjadi sorotan publik setelah masuk dalam daftar wanita paling berpengaruh di dunia atau Most Powerful Women International 2021 versi Fortune dengan menempati urutan ke-17.

Lantas, siapa sebenarnya Nicke Widyawati ini?

Dihimpun dari berbagai sumber, Nicke Widyawati merupakan wanita kelahiran Tasikmalaya, 25 Desember 1967. Ia merupakan Direktur Utama Pertamina ke-15.

Dari segi pendidikan, Nicke Widyawati merupakan lulusan Hukum Bisnis di Universitas Padjadjaran (S2) tahun 2009 dan Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung (S1) tahun 1991 lalu.

Puncak karier Nicke Widyawati berhasil diraihnya ketika menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina. Bahkan pengangkatannya juga diatur dalam SK Menteri BUMN nomor SK-97/MBU/04/2018, tanggal 20 April 2018 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Direksi Perusahaan Perseroan PT Pertamina.

Namun, sebelum menduduki kursi Direktur Utama Pertamina, ternyata Nicke Widyawati juga sempat menjabat sebagai Direktur SDM Pertamina pada tahun 2017. Setahun berselang, wanita ini pun akhirnya memegang posisi Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Pertamina pada tahun 2018.

 

Baca : Jadi Komisaris Utama PT Pertamina, Ahok Ditentang Serikat Pekerja?

Sepak terjang Nicke Widyawati di perusahaan pelat merah itu ternyata bukanlah hanya di Pertamina saja. Karena sebelumnya, Nicke juga pernah dipercaya menjabat sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1 PT PLN (Persero).

Selain itu, wanita yang mempunyai pengalaman kerja di dunia perbankan ini juga pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Mega Eltra.

PT Mega Eltra sendiri adalah sebuah perusahaan yang merupakan kontraktor listrik di lingkungan holding PT Pupuk Sriwijaya.

Selanjutnya dia juga pernah menjadi Direktur Bisnis di PT Rekayasa Industri (Rekind) dan Vice President Corporate Strategy Unit (CSU) di perusahaan yang sama.

Dikutip dari laman resmi Pertamina menyebutkan juga bahwa Nicke Widyawati sudah menjadi eksekutif di berbagai tempat sejak tahun 2009.

Perlu diketahui, Fortune sendiri memasukkan Nicke Widyawati ke dalam daftar Most Powerful Women International 2021 dikarenakan kemampuannya dalam melewati tantangan triple shock yaitu saat jatuhnya harga minyak, penurunan permintaan bahan bakar dan tekanan nilai tukar yang dialami Pertamina selama pandemi tahun 2020.

Fortune menilai, bahwa ketiga faktor tersebut telah menurunkan pendapatan dan laba Pertamina. Akan tetapi pada paruh pertama tahun 2021, Nicke berhasil membawa Pertamina pada situasi yang lebih baik dengan mencapai target produksi Migas.

Majalah bisnis global itu juga menyebutkan, Nicke terus mendukung transisi energi Indonesia dengan membangun portofolio Energi Baru Terbarukan (EBT) untuk memberikan energi bersih bagi negara di masa depan.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini