Di Cimahi, Rumah Makan Beromset Diatas Rp 10 Juta Per Bulan Wajib Bayar Pajak

Selasa, 12 Oktober 2021 22:18 Redaksi Daerah

Di Cimahi, Rumah Makan Beromset Diatas Rp 10 Juta Per Bulan Wajib Bayar Pajak

 

Koropak.co.id - Rumah makan (RM) yang ada di Kota Cimahi wajib bayar pajak. Salah satu ketentuan wajib pajak untuk sektor ini adalah, usaha kuliner yang yang beromset diatas Rp 10 juta per bulan.

Kabid Penerimaan dan Pengendalian Pendapatan Bappenda Kota Cimahi Emir Faisal berkata, rumah makan dan resto-resto yang wajib bayar pajak penghasilannya sebesar Rp 10 Juta/bulan keatas.

"Pajak Rumah Makan itu sifatnya asesment dan sesuai dengan Undang-undang, pemilik rumah makan itu sendiri yang melaporkan omzetnya dan membayar," kata Emir, saat melakukan sosialisasi pajak di salah satu rumah makan, di Jalan Pesantren Cibabat Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Senin 11 Oktober 2021.

Emir mengatakan, rumah makan yang menjadi wajib pajak di kota Cimahi saat ini berjumlah 145 wajib pajak. Dari jumlah itu, pendapatan dari pajak restoran sampai bulan ini sudah mencapai 80 persen membayar.

 

Baca : Mulai Hari Ini, Sejumlah Ruas Jalan di Kota Cimahi Ditutup Dua Pekan

"Karena tidak semua orang yang bidang usahanya kuliner tidak wajib pajak. Kita punya persyaratan-persyaratan, batasan omzet, batasan tempat, omzetnya yang wajib pajak Rp 10 juta keatas. Sedangkan bagi omzet yang Rp 10 Juta kebawah tidak wajib pajak," terangnya.

Saat ini, pihaknya terus melakukan peninjauan ke resto-resto se-Kota Cimahi yang dimungkinkan berpotensi menambah pendapatan asli daerah (PAD). Tidak menutup kemungkinan, ada lagi resto yang masuk kategori ini.

"Dimungkinkan ada wajib pajak untuk menambah PAD Kota Cimahi untuk mencapai target yang diharapkan bersama," katanya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait