3 Jurus Pemkot Cimahi Memuliakan Pohon

Selasa, 12 Oktober 2021 22:47 Redaksi Daerah

3 Jurus Pemkot Cimahi Memuliakan Pohon

 

Koropak.co.id - Pemkot Cimahi memang bernas. Bersahabat dengan alam bukan sekadar jargon formalitas.

Dalam catatan Koropak, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cimahi tengah menggeber program menjaga pohon.

Bagi Cimahi, pohon-pohon ini merupakan aset yang harus dilindungi dan dimuliakan. Dan berikut ini 3 program Pemkot Cimahi dalam menjaga pohon

1. Memberi Identitas Pohon

Kepala Bidang Tata Lingkungan pada DLH Kota Cimahi, Amy Pringgo Mardhani mengungkapkan, identifikasi pohon itu akan mengetahui data kesehatan pohon terkini.

"Pendataan dan identifikasi pohon tersebut akan dilakukan tahun ini," katanya, di Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah Cihanjuang, Selasa 12 Oktober 2021.

Identifikasi pohon ini meliputi lokasi, kesehatan pohon, kondisi pohon, kerimbunan pohon hingga keberfungsian sebagai serapan oksigen dan serapan karbon.

Dengan identifikasi akan diketahui kondisi kesehatan pohon yang masih kuat dan yang sudah lapuk sehingga layak untuk ditebang.

 

Baca : Di Cimahi, Rumah Makan Beromset Diatas Rp 10 Juta Per Bulan Wajib Bayar Pajak

Dengan data yang jelas pula, pihaknya mudah menemukan kondisi kesehatan pohon. Misalnya, ada pohon yang sakit dan harus ada penanganan.

"Setelah database terkumpul akan saya coba beri nama sesuai nama pohonnya dan sesuai kesehatan pohonnya," ujarnya.

2. Program Asuransi Pohon

Amy Pringgo Mardhani mengungkapkan, saat ini pihaknya menyiapkan program asuransi pohon. Seperti apa program ini?

"Asuransi terkena pohon tumbang masih berlaku tapi ada keterbatasan anggaran. Intinya harus meminimalisir kejadian seperti itu, kalau bisa jangan sampai ada," ujarnya.

Jadi singkatnya, apabila ada korban yang kecelakaan karena pohon tumbang seperti di musim penghujan saat ini, maka korban bisa mengajukan ganti rugi.

"Jika terdampak pohon tumbang milik Pemkot Cimahi, maka bisa mengajukan klaim asuransi," katanya.

Meski begitu, dia tidak berharap hal tersebut terjadi. Selain keterbatasan anggaran, kecelakaan adalah hal yang harus dihindari.

 

Baca : Sengkarut Lapangan Pacuan Kuda yang Dililit Sengketa

3. Akuisisi Lokasi Tanam Baru

Selain mendata, mengidentifikasi dan mengasuransikan pohon, DLH Kota Cimahi juga berencana mengakuisisi lokasi tanah yang bisa ditanami pohon baru.

"Karena selain memelihara, kita juga menanam pohon tapi harus ada tempatnya," kata Kepala Bidang Tata Lingkungan pada DLH Kota Cimahi, Amy Pringgo Mardhani.

Amy berkata, saat ini pihaknya sedang mengidentifikasi lahan mana yang bisa ditanami pohon. Ia menyiapkan langkah taktis, diantaranya berkoordinasi dengan Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

"Tahun ini lagi berusaha memohon ke aset, tanah tanah mana yang tidak produktif dan akan dicoba ditanami tanaman sebagai program tebang pohon, ada kompensasi diberi bibit dan bisa menanam jadi kesinambungannya ada," pungkasnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait