Keren! Pohon-pohon di Cimahi Bakal Diberi Identitas

Selasa, 12 Oktober 2021 23:46 Redaksi Daerah

Keren! Pohon-pohon di Cimahi Bakal Diberi Identitas

 

Koropak.co.id - Hewan peliharaan diberi identitas sudah tidak aneh. Bagaimana jika berbagai data identitas itu diberikan kepada pohon?

Ini yang dilakukan Pemkot Cimahi. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat dalam waktu dekat bakal mengidentifikasi ulang seluruh pohon yang ada di Kota tersebut.

Pemkot Cimahi memahami bahwa pohon ini merupakan aset yang sangat berharga. Untuk itulah, nantinya pohon-pohon yang ada di Cimahi ini akan diberitanda khusus, sesuai nama dan kondisinya.

Demikian diterangkan Kepala Bidang Tata Lingkungan pada DLH Kota Cimahi, Amy Pringgo Mardhani, dikutip Koropak dari laman resmi cimahikota.go.id.

"Pendataan dan identifikasi pohon tersebut akan dilakukan tahun ini," katanya, di Pemkot Cimahi, Jalan Raden Demang Hardjakusumah Cihanjuang, Selasa 12 Oktober 2021.

Amy berkata, identifikasi pohon itu nantinya akan meliputi lokasi, kesehatan pohon, kondisi pohon, kerimbunan pohon hingga keberfungsian sebagai serapan oksigen dan serapan karbon.

 

Baca : 3 Jurus Pemkot Cimahi Memuliakan Pohon

"Setelah database terkumpul akan saya coba beri nama sesuai nama pohonnya dan sesuai kesehatan pohonnya," ujarnya.

Amy menjelaskan, banyak manfaatnya jika program identifikasi pohon ini terlaksana. Diantaranya, mencegah kecelakaan yang kerap terjadi kala musim hujan.

"Identifikasi pohon juga akan meminimalisir terjadinya pohon tumbang," katanya.

Dengan identifikasi akan diketahui kondisi kesehatan pohon yang masih kuat dan yang sudah lapuk sehingga layak untuk ditebang.

Dengan data yang jelas pula, pihaknya mudah menemukan kondisi kesehatan pohon. Misalnya, ada pohon yang sakit dan harus ada penanganan.

Ini tentu bakalan lebih mudah dalam hal penanganan. Pihaknya akan cepat mengetahui, ketika ada pohon sakit akan ditebang dan diganti yang baru.

"Atau jika terlalu banyak cabang akan dipangkas," jelas Amy.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait