Terobosan HA IPB Dalam Sektor Pertanian Jabar

Kamis, 14 Oktober 2021 12:30 Suwitno Nasional

Terobosan HA IPB Dalam Sektor Pertanian Jabar

 

Koropak.co.id - Himpunan Alumni (HA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jawa Barat menegaskan perannya dalam membangun pertanian dan agro maritim di Jawa Barat (Jabar).

Hal tersebut diungkapkan Rektor IPB University Arif Satria dalam Pengukuhan Pengurus DPD HA IPB Jawa Barat periode 2021-2025.

Menurutnya, hal itu bertujuan guna merespons tantangan pada zaman saat ini, salah satunya yaitu tentang revolusi industri 4.0 di bidang pertanian.

"Saat ini IPB memiliki banyak inovasi dalam hal sumber daya manusia (SDM) yang sesuai dengan zaman. Maka dari itu alumni IPB di Jawa Barat harus bisa lebih memberikan kontribusi dan gagasan terobosan untuk pertanian dan agro maritim Jawa Barat," tutur Arif.

Sementara itu Ketua DPP HA IPB, Fathan Kamil mengatakan, saat ini himpunan alumni Institut Pertanian Bogor di Indonesia ada 27 DPC.

Maka dari itu, dalam proses pembangunan tata kelola organisasi meski menjadi panutan, terutama dalam bidang agro maritim pertanian.

"Mudah-mudahan itu dibawakan sebaik mungkin yang kemudian mampu melahirkan program-program yang kuat sebagai instrumen untuk membangun korsa dan determinasi untuk bisa mewarnai kebijakan negara ke depan," singkat Fathan.

Ditempat yang sama, Ketua DPD HA IPB Jabar, Amas Wijaya memaparkan, semua alumni untuk senantiasa bersama sama mengembangkan kapasitas pribadi, mengembangkan organisasi himpunan alumni, serta dapat berkontribusi untuk masyarakat.

 

Baca : Realisasi Anggaran Pertanian dan Perikanan Mencapai 97,34 Persen

"DPD HA IPB Jawa Barat akan berupaya seoptimal mungkin agar kehadirannya dapat bermanfaat bagi alumni, almamater, masyarakat serta wilayah," jelasnya.

Semangat ini sebut dia, sesuai dengan tagline-nya Sinergi, Silaturahmi, Kontribusi, Ngumpul, Ngopi, Ngabdi.

Ia menambahkan, untuk menstimulus program yang dimiliki, pihaknya pun menggagas 7 rangkaian strategis dalam program kerjanya selama satu tahun ke depan.

1.Bidang Sosial dan pengabdian masyarakat.
2.Pengembangan organisasi database dan kesekretariatan.
3.Komunikasi, publikasi dan sistem informasi alumni.
4.Pengembangan bisnis dan kewirausahaan.
5. Bidang Usaha dan Pendanaan.
6. Bidang Kajian dan Pengembangan Program Pertanian.
7. Bidang Penguatan Hubungan Antar DPC.

Program-program di atas, kata dia, diharapkan dapat mengatasi masalah-masalah dalam pembangunan agro pertanian, degradasi lingkungan dan sumber daya alam.

Masalah lainnya, kata dia, rendahnya kesejahteraan masyarakat, kerawanan pangan, rendahnya kontribusi sektor agro-maritim terhadap pertumbuhan ekonomi, dan ketimpangan pembangunan antarwilayah di Indonesia terutama di Jabar.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini