Suka Duka Situ Ciburuy, Dulu Berjaya Kini Surut Airnya

Kamis, 21 Oktober 2021 13:47 Suwitno Daerah

Suka Duka Situ Ciburuy, Dulu Berjaya Kini Surut Airnya

 

Koropak.co.id - Selalu saja ada cara memilih bahagia. Itu yang dilihat dari tingkah polah bocah-bocah yang bermain di kawasan Situ Ciburuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Siapa yang tidak tahu Situ Ciburuy ini? Dulu sebelum ada tol Cipularang, Situ ini menjadi destinasi pavorit para pelancong. Dulu, Situ Ciburuy jadi kebanggan warga Padalarang dan sekitarnya.

Diketahui, Situ Ciburuy dibuat pada tahun 1800-an oleh seorang menir Belanda bernama Bempi atas titah Ratu Belanda Wilhemina. Situ tersebut seluas 25 hektare, dan kini saat air menyusut, warga pun memanfaatkan area lahan itu.

Kamis 21 Oktober 2021, terlihat sejumlah anak-anak tertawa riang sambil berlari didalam kawasan Situ Ciburuy. Mereka tak takut tenggelam, sebab, situ tersebut kini tengah surut airnya, kedalamannya hanya sebetis kaki pria remaja.

Pukul 11:30 WIB siang, terik matahari mulai menutupi kawasan Situ Ciburuy, tak sedikit yang terkenanya pun langsung menghindar karena kepanasan.

Berbeda dengan Ihksan (10) dan teman sebayanya, mereka tetap melanjutkan permainan ucing-ucingan.

Sambil berlari-lari, satu demi satu percikan air berhamburan.

"Benang ah, maneh jadi ucing ayeuna (Kena ah, kamu yang jadi kucing sekarang)," ujar bocah kelas lima di bangku SD itu.

 

Baca : Inilah Kisah Erah Nurlelah, Sang Pembersih Sampah dari Kota Tasikmalaya

 

Surutnya air Situ Ciburuy, bagi anak-anak adalah fenomena lama, pasalnya, ditengah pemerintah membatasi kegiatan, kawasan tersebut dapat dijadikan untuk pelarian kebosanan mereka.

"Ameng kanu jauh pan teu dikengengkeun ku rama, tos we abdi ameng na didie (main ke yang jauh tidak diperbolehkan oleh bapa, jadi mainnya disini saja)," kata Ihksan.

Senja mulai hadir dengan berkas cahaya jingganya. Sekelompok anak muda berpasangan pun dengan menunggangi kuda besinya itu datang ke Situ Ciburuy. Mereka ingin menelanjangi indahnya panorama.

Indahnya Situ Ciburuy kalau senja memang menggoda. Situ Ciburuy itu instagramebel.

Anak-anak muda itu buktinya. Mereka datang ke Ciburuy lalu mengarah pandangan bersama-sama ke Barat, mereka memilih titik menikmati senja.

Matahari dengan cepat bergelincir ke kaki langit. Bulatan matahari terlihat utuh, sinarnya memberkas juga ke situ Cibiruy membuat area ini terasa hangat.

Dari jalanan tanah, sepasang kekasih tergopoh-gopoh mempercepat jalannya memburu sisa berkas jingga. Tak heran Kawasan tersebut meski airnya surut makin populer di kalangan para kaula muda untuk memadu kasih.

"Cepat kita foto-foto," ujar salah satu remaja berpenampilan sederhana.

 

Baca : Rindu Hiburan, Masyarakat Tasik Antusias Semarakan Helaran

 

Mereka senang kalau Situ Ciburuy itu punya panorama yang menakjubkan. Namun sayang, lokasi tersebut harus segera dikelola oleh pihak-pihak yang bertanggung jawab. Sebab, sampah berserakan disana.

Ditengah tawa riang anak-anak yang asyik bermain, serta para remaja yang sedang memadu kasih.

Beda halnya dengan Ajang (55), pria paruh baya yang tengah kesulitan mencari ikan menggunakan jaring. Lima jam lamanya, dirinya hanya sedikit mendapatkan ikan.

"Ikan pada kecil kalo airnya surut, berbeda saat airnya banyak," ujar pria itu sambil melemparkan jaringnya.

Situ Ciburuy.. Laukna Hese Dipancing, syair dari sebuah lagu berjudul Bubuy Bulan Ciptaan Benny Corda yang dipopulerkan oleh Nining Meida tersebut betul adanya. Akan tetapi kebenaran itu, jika air di kawasan tersebut surut.

"Ya, kalau dipancing itu susah jika airnya sedikit. Tapi kalau lagi banyak, ikannya lumayan ada," katanya.

Selain akibat musim kemarau, surutnya air di Situ Ciburuy pun diperparah oleh pembangunan Revitalisasi dikawasan tersebut.

Ajang menilai, kendaraan alat berat seperti exkavator mengeruk tanah di sekitar alun-alun Ciburuy membuat sebagian air mengalir ke arah alun-alun.

"Air kesana semua, jadi disini surut, ikan pun menjadi tidak ada," ungkapnya.

Karena itu, Ajang berharap, pemerintah daerah ataupun pusat dapat menangulangi dampak tersebut, baik akibat alam maupun akibat pembangunan yang dikebut oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Saya percaya pemerintah ingin Situ Ciburuy dapat menjadi objek wisata yang bagus. Tapi mereka juga perlu memikirkan dampaknya dan memberikan solusi saat airnya surut. Saya tidak kerja, mencari nafkah, ya dari ikan yang saya cari disini," pungkasnya.

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini