Nikah Siri Bisa Dibuat KK, Disdukcapil KBB : Sistem Itu Sejak Lama Ada

Jum'at, 22 Oktober 2021 08:05 Suwitno Nasional

Nikah Siri Bisa Dibuat KK, Disdukcapil KBB : Sistem Itu Sejak Lama Ada

 

Koropak.co.id - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Zudan Arif Fakrulloh menyatakan bahwa pasangan suami-istri yang menikah siri kini bisa memiliki kartu keluarga atau KK.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi (Kasi) informasi data kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Budi menegaskan, pernyataan Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh soal pasangan suami istri yang nikah siri bisa masuk ke KK bukan informasi baru.

“Sebetulnya itu sudah ada sejak lama, hanya ada beberapa ketentuan di dalam kartu keluarga itu,” ujar Budi saat ditemui Koropak.co.id, Jumat 22 Oktober 2021.

Ia menjelaskan, terdapat syarat dalam pembuatan kartu keluarga bagi pasutri yang nikah siri. Salah satunya, dengan membuat Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

“SPTJM itu agar diketahui bahwa mereka adalah pasangan suami istri, serta harus diketahui oleh dua orang saksi,” katanya.

 

Baca : Ganti Kartu Nikah Fisik, Kemenag Luncurkan Kartu Nikah Digital

Ia menambahkan, KK bagi pasutri yang nikah siri dapat diubah status pernikahannya. Namun perubahan itu dikembalikan lagi kepada pasangan.

“Kalau dibuatkan KK paling nikahnya tidak tercatat, tapi jika mereka mau menjadi tercatat. Ya pasutri itu harus melampirkan buku nikahnya,” jelasnya.

Mengenai data pasti berapa jumlah KK pernikahan siri yang sudah diterbitkan Disdukcapil KBB, Budi mengatakan, pihaknya belum memilikinya.

“Daatanya belum bisa dipastikan harus disinkronkan dulu dengan data di KUA," ucap Budi.

"Kalau Dukcapil hanya di posisi pencatatan dokumen saja, antara kawin tercatat dan kawin tidak tercatat kalau masalah segi kekuatan hukum mungkin di KUA atau kemenag," tutupnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait