Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu, Selasa Ini Ritualnya di Bali

Koropak.co.id, 23 October 2021 16:55:12
Penulis : Muhamad Eris
Sukmawati Soekarnoputri Pindah Agama Hindu, Selasa Ini Ritualnya di Bali

 

Koropak.co.id - Putri Poklamator sekaligus Presiden Pertama RI, Ir Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri dikabarkan pindah agama akan melakukan ritual pindah agamanya dari Islam ke Hindu di Bali.

Rencananya, ritual pindah agama tersebut akan digelar di Kawasan Sukarno Center Heritage di Bale Agung Singaraja, Kabupaten Buleleng, Bali yang juga merupakan tempat leluhur ibunda Bung Karno, Nyoman Rai Sirimben, Selasa 26 Oktober 2021 mendatang.

Kepala Sukarno Center di Bali sekaligus Penanggung Jawab Acara, Arya Wedakarna membenarkan ritual pindah agama yang akan dilakukan Sukmawati Soekarnoputri.

Ia mengatakan, kepindahan agama Sukmawati dari Islam ke Hindu diartikan sebagai kembalinya dia ke agama leluhurnya. Pasalnya, nenek Sukmawati, Ida Ayu Nyiman Rai Srimben merupakan penduduk asli Singaraja Kabupaten Buleleng Bali dan beragama Hindu.

"Karena nenek beliau Nyoman Rai Srimben asal Singaraja itu juga seorang Hindu. Jadi, beliau juga menginginkan tempatnya bukan di Jakarta tapi di Bali," kata Arya kepada awak media sebagaimana dihimpun Koropak, Sabtu 23 Oktober 2021.

Arya menjelaskan, pelaksanaan ritual di Bali Bali itu harus di Balai Agung yang merupakan tempat leluhur neneknya Sukamati, yaitu Ibunda Bung Karno Nyoman Rai Sirimben.

 


Baca : Umat Islam Serukan Adili Sukamawati

Arya juga menjelaskan, perpindahan agama Sukmawati ke Hindu itu sudah melalui proses yang panjang.

Karena sebelumnya, Sukmawati juga disebutkan sering berdiskusi dengan para pendeta, biksu dan pemangku agama serta suka membaca kitab suci Hindu.

Tak hanya itu saja, pihaknya juga mengungkapkan pindahnya Sukmawati Soekarnoputri dari agama Islam ke Hindu sudah melalui proses persetujuan keluarga, mulai dari putra-putrinya hingga saudara-saudaranya seperti Megawati Soekarnoputri dan Guntur Soekarnoputra.

"Kalau saya sebagai saksi perjuangan beliau, melihat kok sepertinya beliau selama ini suka dengan Hindu dan Bali. Bahkan beliau juga selalu minta datang ke Pura-pura, dan udah puluhan tahun ini beliau suka membaca kitab suci Hindu. Selain itu, suka juga berdiskusi dengan para biksu, para pendeta-pendeta dan pemangku kami," ungkapnya.

Arya menyebutkan bahwa dirinya telah ditunjuk langsung oleh Sukmawati untuk membantu dalam mengatur upacara Sudhi Wadhani yakni upacara pengukuhan serta pengesahan ucapan atau janji seseorang yang secara tulus ikhlas dan hati yang suci untuk menyatakan dirinya menganut Agama Hindu.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini