Wow! APBN Puluhan Triliun Bakal Mengalir untuk Pembangunan Pangandaran

Rabu, 27 Oktober 2021 16:17 Redaksi Daerah

Wow! APBN Puluhan Triliun Bakal Mengalir untuk Pembangunan Pangandaran

 

Koropak.co.id - Pangandaran menjadi satu dari enam kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat yang masuk dalam Rencana pembangunan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan.

Sekitar 20 bidang pembangunan akan digenjot mulai 2022 mendatang yang nilainya mencapai Puluhan triliun rupiah.

Berdasarkan informasi yang Koropak himpun dari lampiran Peraturan Presiden RI Nomor 87 tahun 2021 Tentang Percepatan Pembangunan Kawasan Rebana dan Kawasan Jawa Barat Bagian Selatan, Kabupaten Pangandaran diarahkan sebagai kawasan pengembangan dengan basis pariwisata serta kegiatan perikanan.

Dalam lampiran Perpres tersebut termuat, wilayah Pangandaran menjadi peta strategis dalam pembangunan Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap. Selanjutnya, pembangunan dan peningkatan Jalur Tengah Selatan (JTS) Jawa Barat, pelebaran Jalan Lingkar Tengah Pangandaran dan pelebaran Jalan ke Parigi Kab.Pangandaran.

Di kabupaten paling bungsu di Jawa Barat ini juga akan di bangun pelabuhan, reaktivasi rel KA Banjar-Cijulang, pembangunan Terminal Tipe A Pangandaran, pengembangan Bandar Udara Nusawiru, pembangunan instalasi pengolahan lumpur tinja (IPLT), penataan kawasan kumuh dan pembangunan kawasan tambak.

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata membenarkan mengenai kesiapan pihaknya dalam menyambut proyek strategis nasional tersebut. Jeje berkata, total anggaran untuk pembangunan tersebut mencapai Rp 39,14 triliun.

 

Baca : Pangandaran Masuk PPKM Zona Level 1, Ini Beberapa Aturan Bupati

"Kabupaten Pangandaran adalah bagian dari Perpres itu, dengan sangat membanggakan kita mendapat alokasi yang cukup signifikan," ujar Jeje, sebagaimana dikutip Koropak dari Jurnal Pangandaran, Rabu 27 Oktober 2021.

Selain yang tersebut di atas, Jeje juga memberi rincian mengenai rencana pembangunan tersebut. Misalnya, Jalan tol Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap yang anggaranya itu sebesar Rp 30,24 triliun.

Kemudian, pembangunan dan peningkatan jalur tengah selatan Jawa Barat dengan anggaran Rp 1,74 triliun. Kegiatan pelebaran jalan lingkar tengah dengan anggaran Rp 240 miliar dan pelebaran jalan akses pelabuhan Pangandaran Rp 85 miliar.

"Reaktivasi rel kereta KA Banjar-Cijulang dengan anggaran Rp 3 triliun dan pembangunan Terminal Tipe A Pangandaran dengan anggaran Rp 75 miliar,” bebernya.

Jeje menyimpulkan, total ada 20 item dalam proyeksi percepatan pembangunan yang akan di laksanakan di Pangandaran. Dengan besarnya atensi pemerintah pusat ke Pangandaran, dia menyebut potensi besar untuk Pangandaran lebih maju semakin menjadi kenyataan.

"Itu memperlihatkan bahwa potensi kita cukup besar dan muncul ke permukaan," tuturnya.

Bupati menyebutkan waktu untuk berbagai kegiatan pembangunan tersebut. Katanya, perencanaan mulai dilaksanakan pada tahun 2022, dilanjutkan 2023 dan 2024. Sementara target pelaksanaan dilakukan hingga 2030.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait