Harus Disimak Nih, Segini Tarif Resmi Terbaru PCR untuk Jawa-Bali

Rabu, 27 Oktober 2021 18:54 Eris Kuswara Nasional

Harus Disimak Nih, Segini Tarif Resmi Terbaru PCR untuk Jawa-Bali

 

Koropak.co.id - Pemerintah Indonesia secara resmi menetapkan tarif baru untuk pemeriksaan tes Covid-19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR), yakni sebesar Rp 275 ribu untuk wilayah Jawa-Bali.

Sementara untuk wilayah luar Jawa dan Bali, tarif PCR yang diberlakukan pemerintah yakni sebesar Rp 300 ribu.

Kepastian mengenai tarif baru PCR tersebut disampaikan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI Abdul Kadir dalam konferensi pers yang digelar secara virtual, Rabu 27 Oktober 2021.

"Kami sepakati bahwa RT-PCR diturunkan menjadi Rp 275 ribu untuk Pulau Jawa dan Bali serta Rp 300 ribu untuk luar Jawa dan Bali," katanya dalam konferensi pers sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu 27 Oktober 2021.

 

Baca : Harga PCR di Indonesia Tertinggi di Dunia, Berikut Harga PCR di Negara Lain

Sebagaimana diketahui, belum lama ini Presiden RI, Ir H Joko Widodo (Jokowi) memberikan instruksi agar tarif PCR di Indonesia dapat diturunkan hingga Rp 300 ribu.

Sementara itu sebelumnya juga, Kemenkes RI sempat menurunkan harga PCR dari Rp 900 ribu menjadi maksimal Rp 495 ribu untuk Jawa dan Bali dan Rp 525 ribu untuk yang berada di luar Jawa dan Bali.

Selain itu, Kemenkes juga turut meminta kepada seluruh pihak rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya untuk dapat mengikuti aturan pemerintah terkait tarif baru dari PCR tersebut.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini

 


Berita Terkait