Tak Ada Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru, Ini Kata Muhadjir

Rabu, 27 Oktober 2021 19:10 Redaksi Nasional

Tak Ada Cuti Bersama Natal dan Tahun Baru, Ini Kata Muhadjir

 

Koropak.co.id - Sudah resmi ditandatangi. Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ataus SKB Tiga Menteri, Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, serta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama 2021.

Penantanganan SKB 3 Menteri ini untuk merespon kondisi pandemi Covid-19. Guna menekan angka penyebaran virus Corona, maka cuti bersama pada Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dihapus.

Meski Natal dan Tahun Baru jatuh di hari Sabtu, namun pemerintah mengkhawatirkan ada mobilitas orang dalam jumlah banyak. Kerumunan terjadi tak terhindarkan. Ini yang diantisipasi negara.

Selain cuti bersama Natal dan Tahun baru, tanggal lainnya juga sudah ditentukan waktu liburnya. Berdasarkan pengalaman ditahun lalu, libur yang berdekatan dengan akhir pekan Sabtu dan Ahad, kerap dimanfaatkan untuk bermudik ria.

 

Baca : Cuti Bersama Tahun 2021 Resmi Ditiadakan

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengatakan, kebijakan tersebut semata-mata dilakukan membatasi pergerakan orang yang lebih masif menjelang libur akhir tahun.

"Saya mohon nanti ada kampanye besar-besaran untuk mengimbau masyarakat agar tidak berpergian," kata Muhadjir, saat Rapat Koordinasi Persiapan Angkutan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 pada Selasa, 26 Oktober 2021.

Ia mengharapkan ada sosialiasi yang massif kepada seluruh lapisan masyarakat. Saat menjelang akhir tahun dan awal tahun nanti, masyarakat agar tidak pulang kampung atau melakukan perjalanan yang tidak memiliki tujuan primer.

Lebih jauh dikatakan, saat ini tren Indonesia mengalami penurunan angka Covid-19. Meski demikian, pihaknya menginginkan agar semua pihak tidak lengah.

"Ini seringkali menyebabkan terjadinya lonjakan kasus Covid-19," jelasnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini